Industri digital dalam bisnis kerap dimaknai dengan hubungan secara dalam jaringan. Relasi secara luar jaringan kian berkurang. Alasannya, transaksi dalam jaringan lebih murah dan praktis dibandingkan dengan luar jaringan.
Padahal, bagi sebagian bidang usaha, hubungan dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) saling terkait. Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA menggelar kegiatan luring untuk mendekatkan diri dengan konsumen dan calon nasabah. Ia mencontohkan, masih ada nasabah yang tidak akan membeli rumah secara daring.
”Kami juga mengajak nasabah, dari semula bertransaksi dalam jaringan mencoba pengalaman transaksi secara langsung di luar jaringan,” kata Jahja, Minggu (17/2/2019).
Bagi konsumen, bertransaksi secara luring akan memberikan pengalaman tersendiri. Konsumen bisa bertanya secara langsung dan mencoba produk yang akan dibeli.
”Pengaruh kegiatan luring ini signifikan. Apalagi, tidak semua nasabah BCA dari generasi milenial,” ujarnya.
Untuk itu, BCA menggelar BCAexpoversary pada 20-24 Februari 2019. Dalam acara itu, konsumen bisa mencari produk BCA serta bertransaksi.
Sekadar catatan, kredit perbankan per akhir 2018 sebesar Rp 5.320 triliun, sedangkan dana pihak ketiga Rp 5.455 triliun.
Upaya mendekatkan diri dengan nasabah juga dilakukan aplikasi penyedia kebutuhan perjalanan Traveloka. Pada akhir tahun lalu, Traveloka mengajak konsumen merasakan sensasi berwisata dengan cara memadukan pengalaman sinematik dan realitas virtual.
Pengalaman ini bisa memunculkan semangat konsumen untuk menghirup udara di lokasi wisata secara langsung, tak lagi secara virtual.
Sementara PT Bank CIMB Niaga Tbk memadukan transaksi daring dan luring. CIMB Niaga memberi pengalaman bertransaksi secara digital sambil mengajak nasabahnya bertemu untuk merasakan pengalaman langsung.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan di sela-sela CIMB Niaga Xtra Xpo di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (16/2/2019), menyebutkan, gelaran ini juga untuk menjaga loyalitas nasabah. Nasabah yang sudah memiliki poin dari transaksi perbankan selama ini, bisa menukarkan poin menjadi produk tertentu. (DEWI INDRIASTUTI)