Waze-Bank Mandiri Sediakan Layanan "Mobility Marketing"
›
Waze-Bank Mandiri Sediakan...
Iklan
Waze-Bank Mandiri Sediakan Layanan "Mobility Marketing"
Oleh
Hendriyo Widi
·2 menit baca
[caption id="attachment_10145618" align="alignnone" width="1200"] Manajer Waze Indonesia Makin R Siahaan[/caption]
JAKARTA, KOMPAS – Waze, sebuah produk navigasi real time bekerja sama dengan Bank Mandiri menyediakan layanan mobility marketing. Kerja sama itu berbentuk pemanfaatan media digital untuk berpromosi dan mendekati pengguna ketika mengadakan perjalanan.
Strategi bernama mobility marketing (mendekati audiens saat bepergian) tersebut merupakan cara baru berpromosi yang dilakukan Bank Mandiri. Mobility marketing itu memuat navigasi suara dari pebulutangkis Jonatan Christie (Jojo) dengan sisipan iklan lunak.
Iklan itu terutama terkait ajakan dan kesadaran menabung dan berinvestasi. Hal itu termasuk mengingatkan membawa kartu ATM, uang elektronik, dan promo-promo yang ditawarkan korporasi saat pengemudi melakukan perjalanan.
“Bisa dibilang ini adalah kolaborasi pemasaran korporasi (co-branding) untuk menarik kaum milenial. Namun, tentu saja tetap mempertimbangkan kenyaman dan keselamatan pengguna agar tidak terganggu” ujar Manajer Waze Indonesia Marlin R Siahaan dalam diskusi di Jakarta, Jumat (22/2/2019).
Berbasis komunitas (social crowd), Waze memberi peluang bagi Bank Mandiri untuk mendekati komunitasnya. Berdasarkan data Waze, jumlah penggunanya sejak diakuisisi Google pada 2013, sebanyak empat juta orang.
Google mengakuisisi layanan tersebut dengan nilai investasi 1 miliar dollar AS. Cara kerja Waze mengandalkan masukan dari pengguna sewaktu berkendara, seperti kemacetan, jalur alternatif, dan lain-lain, (Kompas, 2/12/2013).
Adapun, untuk yang menggunakan navigasi suara Jojo sekitar 74.000 orang dengan total penggunaan sebanyak lebih kurang 763.000 kali. Sedangkan, total waktu penggunaan 491.836 jam dan jarak tempuh 8,5 juta kilometer.
“Jika diambil rata-rata, per pengguna sudah memakai paling tidak 10 kali sehari minimal digunakan selama 72 menit. Kebayang dalam setiap perjalanan itu iklan dan promosi dimasukkan. Hal ini yang dirasa unik dan inovatif,” jelas Marlin.
Di samping itu, lanjut dia, Mandiri yang merupakan institusi finansial pertama yang mengajak kerjasama dengan Waze. Awalnya, navigasi suara tersebut menggunakan Dian Sastro saat Asian games, tetapi tidak dengan branding.
“Ini kolaborasi unik sekaligus baru. Kontraknya selama setahun mulai dari bulan Oktober 2018 lalu,” tambah dia. (FRANSISCA NATALIA ANGGRAENI)