JAKARTA, KOMPAS – Pabrikan ban nasional, PT Gajah Tunggal Tbk, terus berusaha mendominasi pasar ban sepeda motor domestik dan mengatasi serbuan ban impor. Selain mengembangkan variasi dan kualitas produk, produsen ban dengan merek IRC, itu, mengembangkan sistem pemasaran agar dapat menjangkau banyak konsumen.
“IRC selama ini telah menjadi pemimpin di pasar ban sepeda motor. Kami bekerja sama dengan berbagai divisi, seperti penjualan dan riset untuk menghadirkan produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain ban sepeda motor tubeless dan tubetype yang sudah dikenal, IRC Tire juga memperluas lini produk dengan meluncurkan ban motor radial yang dikenal dengan nama IRC RMC810” ungkap Leonard Gozali, Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk kepada media, Sabtu (23/3/2019), di Jakarta, sambil memamerkan penghargaan terbaru yang diterima Gajah Tunggal.
PT Gajah Tunggal dengan merek ban motor IRC mendapatkan penghargaan Indonesia WOW Brand Award dari MarkPlus Inc. IRC berhasil meraih penghargaan Gold Champion dalam dua kategori yaitu Motorcycle Tire & Motorcycle Tube.
Penghargaan yang diberikan di Hotel Raffles, Jakarta, pekan lalu, merupakan penghargaan yang diberikan kepada merek (brand) dengan nilai rekomendasi tertinggi dari Brand Advocacy Ratio (BAR), yang mengukur cara perusahaan mengubah brand awareness menjadi brand purchase, serta loyalitas. Penetapan pemenang dilakukan berdasarkan survei terhadap sekitar 5.600 responden di lima daerah di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan sampai Makassar.
Penghargaan Indonesia WOW Brand 2019 diselanggarakan bersamaan dengan acara WOW Brand Festive Day 2019, festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast dengan tema Omni Brands, yaitu merek yang selalu adaptif terhadap berbagai elemen tren.
Maksimalkan promosi
Leonard Gozali mengatakan, pemasaran yang diterapkan oleh IRC Tire berjalan selaras antara aktifitas daring (online) dan luring (offline). Dari sisi daring, IRC memaksimalkan aktivitas promosi dan informasi produk melalui media sosial.
Selain promosi melalui digital, perusahaan juga melakukan aktivitas luring dengan mengembangkan toko retail modern dengan nama Motoxpress yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Ban motor IRC sendiri saat ini telah lama dipercaya sebagai pemasok ban Original Equipment Manufacturer (OEM) atau ban yang dipakai sepeda motor baru bagi produsen motor di Indonesia.
Dari sisi produksi, pada Februari 2018 lalu, PT Gajah Tunggal bekerja sama dengan Inoue Rubber Co Ltd dari Jepang untuk mendirikan pabrik ban sepeda motor baru, yaitu PT IRC Gajah Tunggal Manufacturing Indonesia. Investasi untuk pendirian pabrik baru itu mencapai Rp 270 miliar dan Gajah Tunggal berpartisipasi 50 persen diantaranya.
Pada 2008, kapasitas produksi ban motor dari Gajah tunggal mencapai 95.000 unit setiap hari. Selain merek IRC, Gajah Tunggal juga memproduksi ban motor merek Zeneos. Ban IRC lebih banyak difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan ban Zeneos untuk pasar dalam negeri dan pasar ekspor.