logo Kompas.id
Pertumbuhan Ritel Ramadhan
Iklan

Pertumbuhan Ritel Ramadhan

Oleh
· 3 menit baca

Laporan Kompas (25/4/2019) mengingatkan kemungkinan pertumbuhan ritel selama Ramadhan tahun ini tidak akan setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Penyebabnya, masyarakat menahan diri berbelanja karena mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global dan sebagian konsumen lebih memilih belanja secara daring. Survei Konsumen BI menunjukkan masih meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebulan menjelang Ramadhan. Namun, dari beberapa survei konsumen BI tahun ini, kita menangkap ada kekhawatiran di kalangan konsumen akan prospek pendapatan dan ketersediaan lapangan kerja.

https://cdn-assetd.kompas.id/Lxu7am4C5LMWv1YI_LwIrBprZLc=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F04%2F201904025_ENGLISH-TAJUK_A_web_1556197857.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Suasana pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (19/1/2019). Pusat perbelanjaan dan toko ritel offline tetap dikunjungi pelanggan di tengah pertumbuhan bisnis e-dagang.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000