logo Kompas.id
Ritel Pasca-Pemilu 2019
Iklan

Ritel Pasca-Pemilu 2019

Oleh
ARI KUNCORO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/0l-ze3Hu9zsbbxSan2y9CrFoLdQ=/1024x1361/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2FAri-Kuncoro_1551694783.jpg
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Ari Kuncoro, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

Pada saat artikel ini ditulis, data ritel triwulan I-2019 dan setelahnya belum tersedia. Walau demikian, data yang ada tetap bisa digunakan karena perkembangan industri ritel tak lepas dari siklus belanja dan menabung, khususnya saat hari-hari besar dan libur panjang.

Saat ini siklus tersebut tampak berputar di triwulan II karena antara tahun 2014 dan 2018, hari raya Idul Fitri terjadi antara Juni-Juli. Untuk tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017 triwulan II, pertumbuhan sektor perdagangan besar dan eceran hampir selalu melambat cukup tajam dibandingkan triwulan sebelumnya, yaitu masing-masing 4,64 persen, 2,76 persen, 3,80 persen, dan 3,46 persen. Hal ini menunjukkan pola umum bahwa belanja besar (buying-spree) terjadi di triwulan I.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000