JAKARTA, KOMPAS - Setelah sempat mengalami gangguan sistem pencatatan transaksi, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengklaim saldo seluruh nasabah mereka telah kembali normal. Bank Mandiri membutuhkan waktu kurang dari setengah hari untuk menormalisasi seluruh layanan perbankan.
Sepanjang proses normalisasi saldo rekening nasabah Bank Mandiri, layanan perbankan yang meliputi internet banking, sms banking, anjungan tunai mandiri (ATM), dan mesin penyedia sarana transaksi (EDC), juga sempat lumpuh.
Saat dihubungi Sabtu (20/7/2019) sore, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan saldo rekening seluruh nasabah mereka sudah kembali normal. Nasabah dapat kembali bertransaksi normal dengan seluruh alat pembayaran Mandiri.
“Mewakili perusahaan, saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan nasabah. Saat ini layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah," ujarnya.
Sebelumnya, kesalahan atau galat terjadi pada proses pemindahan data transaksi harian bank berpelat merah itu. Dampaknya, jumlah saldo dari sekitar 1,5 juta nasabah Bank Mandiri -atau sekitar 10 persen dari total nasabah Bank Mandiri yang berjumlah 15 juta- berubah, baik itu berkurang maupun bertambah.
Setiap dini hari, data transaksi nasabah di kantor cabang seluruh Indonesia yang dilakukan pada hari sebelumnya disalin. Setelah itu, data ditransfer untuk direkap ke dalam sistem inti di kantor pusat.
Bank Mandiri, lanjut Rohan, akan selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan bertransaksi. "Kami berkomitmen memberikan layanan maksimal kepada seluruh nasabah," ujarnya.
Fakhrul Rozi (39), nasabah Bank Mandiri yang tinggal di Jakarta Barat, mengaku, sempat terkejut saat di pagi hari saldo rekening Bank Mandiri-nya berkurang sampai Rp 15 juta. Namun saat layanan internet banking sudah normal dan dia memeriksa saldo rekening di sore hari, saldonya yang sempat hilang telah kembali.
Hal serupa juga dialami Annisa Riskika (30) yang saldo di rekeningnya sempat bertambah. Saat layanan Bank Mandiri sudah normal, jumlah saldo di rekeningnya juga telah kembali seperti sedia kala.
Sejumlah kanal elektronik layanan Bank Mandiri juga terganggu. Di jagad twitter, sejumlah keluhan mengenai gangguan layanan Bank Mandiri bermunculan, bahkan sempat menjadi trending topic di Indonesia.
Kaesang Pangarep, di akun twitternya mengeluh tidak bisa bertransaksi menggunakan mesin EDC Bank Mandiri. Keluhan itu dijawab pihak Bank Mandiri dengan permintaan maaf dan penyelesaian masalah.