logo Kompas.id
Segera Benahi Sistem...
Iklan

Segera Benahi Sistem Administrasi Pembayaran Klaim

Koordinasi yang buruk di antara pemangku kepentingan menyebabkan pengelolaan administrasi klaim fasilitas kesehatan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat tidak berjalan baik.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/YE_zvyADXu1aYE9Cp5y5JZHSSpk=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2Fkompas_tark_22570418_134_1.jpeg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Ilustrasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS — Koordinasi yang buruk di antara pemangku kepentingan menyebabkan pengelolaan administrasi klaim fasilitas kesehatan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat tidak berjalan baik. Kondisi ini harus segera dibenahi agar penyelenggaraan program jaminan kesehatan nasional bisa tetap berlanjut.

”Persoalan inefisiensi pembayaran klaim layanan rumah sakit yang ditemukan oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) merupakan kesalahan bersama. Semua pihak, mulai dari Kementerian Kesehatan, BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan, juga rumah sakit berkontribusi pada kesalahan tersebut. Yang penting sekarang semua harus sepakat membenahi sistem dan memperkuat hubungan bersama,” ujar  Koordinator Advokasi BPJS Watch, Timboel Siregar, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000