logo Kompas.id
Duplikasi Media Dorong...
Iklan

Duplikasi Media Dorong Perubahan Strategi

Oleh
MEDIANA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/dCmnfb7XJHbAMkgU09_Tp9Gz1NI=/1024x607/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2Fkompas_tark_11001333_56_1.jpeg
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Dari kiri ke kanan, Ramadhan S Pernyata, Bima Nurin Aulan, Rizal Azhari Dzulfiqar, Sweta Kartika, dan Assatari, mahasiswa S2 program digital media Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB), Bandung, Jawa Barat, mengembangkan konten lokal Indonesia dalam kemasan digital, Jumat (22/6/2012). Mereka memiliki semangat untuk mengangkat konten Indonesia ke dalam format digital agar semakin menarikuntuk dipelajari, khususnya anak muda.

JAKARTA, KOMPAS — Aktivitas mengonsumsi konten di lebih dari satu platform mendorong duplikasi media. Fenomena ini mengakibatkan perubahan strategi dan alokasi pemasaran.

Executive Director Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, Senin (16/9/2019), di Jakarta, mengemukakan, berdasarkan hasil riset Nielsen Consumer and Media View (CMV) pada 2014-2019, kepemilikan ponsel pintar di Indonesia tumbuh 250 persen. Waktu yang digunakan untuk mengakses internet juga cenderung terus bertambah,  sedangkan waktu konsumsi media massa cenderung tetap.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000