logo Kompas.id
Kebocoran Data Pelanggan...
Iklan

Kebocoran Data Pelanggan Pengaruhi Bisnis

Oleh
MEDIANA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ah6dSqu6oA4okWWwyOZouusFS-I=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2FIMG_9132.jpg
KOMPAS/DWI BAYU RADIUS

Penumpang Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan Malindo Air mengecek tempat duduk yang sesuai dengan tiket sebelum tinggal landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (22/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS--Kebocoran data profil pelanggan akan memengaruhi perkembangan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan keamanan siber harus dilipatgandakan, termasuk dalam sistem penyimpanan data berbasis komputasi awan.

Dalam kasus kebocoran data di Lion Air Group, misalnya, Kepala Teknologi Informasi HackerOne -komunitas peretas putih internasional- Aaron Zander, dalam surat elektronik, Selasa (24/9/2019), berpendapat, penjahat siber akan melihat pelanggaran data satu maskapai akan memengaruhi maskapai penerbangan lain. Mereka kemungkinan akan membuat asumsi bahwa industri penerbangan layak jadi fokus kejahatan sebab memiliki informasi terkait pelanggan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000