logo Kompas.id
Jati Diri Bangsa dalam Film...
Iklan

Jati Diri Bangsa dalam Film Nasional

Oleh
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/JNn9KpHsgXvZ4Jr3_ONhKWzO3H0=/1024x714/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2FTITIEK-PUSPA97-05_1572991668.jpg
Kompas

Chica Koeswoyo; Santi Sardi; Triani Sardi si Kecil Putih (yang pada tahun 1979 terpilih sebagai pemeran anak-anak terbaik dalam FFI); dan Vien Isharyanto sedang memerhatikan petunjuk-petunjuk Titiek Puspa dalam sebuah kegiatan di Jakarta. Foto ini termuat di Kompas edisi  27 Mei 1979.

Perfilman nasional senantiasa mengalami pasang surut. Ada masanya film nasional lebih diminati ketimbang film-film impor.

Pada akhir tahun 1972, misalnya, film nasional mendominasi bioskop-bioskop di Jakarta. Mengutip data Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia, film Bernafas dalam Lumpur tercatat dengan penjualan karcis sebanyak 198.000 lembar, lalu film Beranak Dalam Kubur dengan jumlah karcis terjual sebanyak 150.000 lembar. Sementara untuk film impor yang paling laris, Dragon Inn, hanya sekitar 125.000 karcis terjual di seluruh bioskop di Jakarta (Kompas, 6 November 1972).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000