logo Kompas.id
Budayakan Tindakan Berbasis...
Iklan

Budayakan Tindakan Berbasis Data di Sekolah

Profesi kepala sekolah selama ini kerap dianggap sebatas menjalankan tugas administratif. Padahal, kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki pengaruh terhadap performa pengajaran di sekolah.

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/UpDSofU75xNEG-HaBmbdhSe4Lsg=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F20191205-dne-sameer-sampat_1575553451.jpg
KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Salah seorang pendiri Global School Leader, Sameer Sampat, menjelaskan mengenai pentingnya kepemimpinan kepala sekolah yang efisien dan berbasis data pada Forum Kajian Pembangunan di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki pengaruh terhadap performa pengajaran yang berlangsung di sekolah. Meskipun begitu, diskusi dan evaluasi pengajaran yang menyasar pada masalah riil di kelas beserta pencarian berbagai alternatif jalan keluar belum membudaya di sekolah.

Hal tersebut mengemuka dalam Forum Kajian Pembangunan di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Topik kali ini adalah ”Tantangan Mengembangkan Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Atasi Krisis Belajar di Indonesia”. Diskusi dilakukan dengan menghadirkan para peneliti dari RISE Smeru, Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih Prestasi (Inspirasi), dan Global School Leader (GSL).

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000