Menambah Layanan Pelanggan, Aplikasi Digital mToyota Diluncurkan
›
Menambah Layanan Pelanggan,...
Iklan
Menambah Layanan Pelanggan, Aplikasi Digital mToyota Diluncurkan
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Untuk menambah layanan kepada para pelanggannya, terutama kalangan milenial yang kini tak bisa lepas dari gawai, PT Toyota Astra Motor sebagai distributor resmi mobil Toyota di Indonesia kembali meluncurkan aplikasi layanan konsumen berbasis teknologi digital. Aplikasi bernama mToyota ini bertujuan melengkapi aplikasi digital Tarra atau Toyota Interactive Virtual Assistant yang lebih dulu diluncurkan sembilan bulan lalu.
Peluncuran mToyota sebagai mobile apps diresmikan di Jakarta, Kamis (5/12/2019), oleh Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata didampingi Wakil Presiden TAM Henry Tanoto, Direktur Pemasaran TAM Kazunori Minamide dan Anton Jimmi Suwandy, serta Direktur Keuangan TAM Darmawan Widjaja.
“Ini adalah pilihan. Kebutuhan konsumen berbeda-beda. Ada yang fokusnya hanya ingin chatting atau ngobrol tentang berbagai produk maupun layanan Toyota, tentu masih bisa menggunakan Tarra. Kini, kanal Tarra juga terdapat di dalam aplikasi mToyota,” kata Anton.
Tarra adalah aplikasi digital yang lebih memudahkan konsumen dengan sistem chat-bot atau berbicara dengan mesin robot. Semakin hari, cara menjawab pertanyaan pelanggan semakin disempurnakan kelengkapannya demi kepuasan pelanggan.
Menurut Anton, mToyota maupun Tarra adalah pilihan dalam komunikasi di dunia digital yang dikembangkan oleh Toyota. Sebagai produsen otomotif, Toyota ingin memberi warna lebih baru lagi di era teknologi yang makin canggih dan kecepatan menjadi kebutuhan konsumen.
Keunggulannya, kata Anton, mToyota lebih menunjukkan pelayanan personal bagi pemilik kendaraan Toyota. Bahkan, aplikasi ini juga bisa menjadi pengingat secara digital tentang kebutuhan konsumen, antara lain, jadwal servis berkala hingga perpanjangan STNK ataupun SIM. Tentunya, pemilik kendaraan harus terlebih dahulu memasukkan data-data yang tepat.
Bahkan, layanan digital itu memberikan berbagai informasi, seperti official website, berbagai akun media sosial, digital press room hingga chatbot Tarra.
Mencermati pertumbuhan
Dalam 10-15 tahun terakhir, Toyota mencermati pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong perkembangan teknologi digital. Kondisi ini berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli maupun layanan yang dibutuhkannya.
Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.
Digital approach pertama kali dilakukan TAM melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id). Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform media sosial, seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan media akan informasi tentang Toyota.
Pada tahun ini, juga telah diperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA”. Platform berbasis chatting ini merupakan langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien, karena TARRA mampu merespons secara real time dan personalized, selama 24 jam 7 hari.
Sejak Tarra diluncurkan pada 5 Maret 2019, sebanyak 30.000 interaksi sudah dilakukan oleh para pelanggan dengan Tarra. Dalam survei yang dilakukan Toyota, sebesar 72 persen konsumen merasa puas dengan jawaban yang diberikan oleh Tarra.
Ternyata, lanjut Anton, interaksi digital itu terus meningkat. Hingga November 2019, tercatat lebih dari 160.000 interaksi dengan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 80 persen.
Yoshihiro Nakata mengatakan, “Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, digital approach baru sangat diperlukan untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses.”
Hal senada diungkapkan Kazunori Minamide. Aplikasi mToyota hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya. Siapapun pelanggan Toyota, baik yang memiliki mobil baru maupun mobil lama, dapat mengakses fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ini.
Fitur-fitur
Anton menjelaskan, aplikasi mToyota memiliki fitur-fitur yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan mulai dari proses pencarian, pembelian hingga kepemilikan. Ada tiga aspek keunggulan yang dimiliki platform digital ini, yakni mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement.
Dalam peluncuran tersebut, penggunaan aplikasi ini pun langsung dipraktikkan yang dilakukan oleh presenter Asti Asha. Usai memasukkan data kendaraannya, aplikasi ini langsung membaca seluruh data kendaraan, termasuk servis berkala yang pernah dilakukan pemilik kendaraan.
Dari aspek personalisasi, fitur unggulan yang disajikan adalah single sign on sehingga pelanggan dapat login dengan menggunakan akun Facebook, Google ataupun email. Kemudian, ada pula profil pelanggan dan kendaraan, fitur khusus yang favorit bagi pelanggan, tombol darurat (panic button), dan buku manual kepemilikan kendaraan Toyota yang akan dengan mudah diakses melalui aplikasi.
Aspek keunggulan lainnya adalah One Stop Service berupa fitur kemudahan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi dan melakukan trade in (tukar tambah kendaraan Toyota), termasuk simulasi kredit kendaraan.
Aspek keunggulan terakhir adalah engagement, sehingga penggunanya merasa senang menjadi pengguna mToyota. Misalnya, kuis personalitas. Selain itu juga ada jadwal berbagai informasi kegiatan komunitas Toyota. Selain informasi peristiwa atau kegiatannya, pelanggan yang berminat dapat pula mendaftarkan diri pada kegiatan tersebut secara online dan akan diberi pengingat pada H-7, H-3 dan H-1.
Ada pula fitur Check In yang berfungsi untuk melakukan pemindaian QR Code pengguna yang dapat digunakan sebagai bukti hadir, saat konsumen menghadiri segala kegiatan komunitas. Melalui data yang diisi oleh pelanggan, diharapkan Toyota dapat semakin memahami kebutuhan pelanggan.