Grab Indonesia Raih Rekor Pengantaran Paket Makanan Terbanyak di Dunia
›
Grab Indonesia Raih Rekor...
Iklan
Grab Indonesia Raih Rekor Pengantaran Paket Makanan Terbanyak di Dunia
Grab Indonesia meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia atas rekor pengantaran paket makanan secara serentak terbanyak di dunia. Paket makanan itu diantar dan diberikan gratis kepada petugas pelayanan publik.
Oleh
AYU PRATIWI
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Grab Indonesia meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia atau Muri atas rekor pengantaran paket makanan secara serentak terbanyak di dunia. Dalam rangka mengampanyekan gerakan ”Jangan Lupa Makan”, Grab Indonesia pada Jumat (17/1/2020) mengantarkan 10.000 paket makanan untuk 10.000 orang secara serentak di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.
Paket makanan itu diantar dan diberikan secara gratis kepada petugas pelayanan publik yang sering kali terpaksa makan telat karena sibuk melayani orang lain, seperti polisi, dokter, petugas kebersihan, dan pemadam kebakaran.
”Muri sangat mengapresiasi apa yang Grab lakukan, yaitu dengan pengantaran paket makanan terbanyak di dunia. Rekor ini mengedukasikan kita bahwa makanan itu penting. Ini juga untuk mengingatkan petugas pelayanan publik yang sering lupa makan untuk lebih peduli makan secara teratur. Kalau kita enggak makan, kan, kita jadi laper, bete, dan enggak konsen. Jadi, ini suatu rekor yang sangat luar biasa,” tutur Osmar Susilo, perwakilan dari Muri, seusai memberikan penghargaan tersebut kepada Grab Indonesia, Jumat, di Jakarta.
Ia memastikan, gerakan pengantaran paket makanan seperti itu merupakan yang pertama kali dan belum pernah ada sebelumnya di Indonesia atau negara lain. ”Kami sudah cek rekor negara lain dan tanya di forum tersebut. Ternyata memang belum pernah ada. Jadi, kami berani mengatakan, rekor ini adalah rekor dunia,” lanjut Osmar.
Rekor tersebut merupakan buah hasil dari gerakan ”Jangan Lupa Makan” yang digelar pada Jumat ini di lima kota di Indonesia secara serentak. Melalui gerakan itu, GrabFood (layanan pengantaran makanan aplikasi Grab Indonesia) mengantarkan 10.000 paket makanan bagi mereka yang mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk melayani kepentingan umum, seperti petugas pemadam kebakaran, polisi, dokter, suster, pengemudi transportasi umum, dan petugas kebersihan.
Paket makanan itu diberikan kepada 10.000 petugas berdedikasi secara gratis. Gerakan ”Jangan Lupa Makan” juga didukung oleh enam mitra GrabFood, yakni CFC, McDonald’s, Kopi Lain Hati, Carl’s Jr, Wingstop, dan Nestle Pure Life. Ada juga ratusan mitra pengemudi motor GrabFood di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar yang turut mendukung gerakan itu dengan mengantarkan paket makanan itu ke tujuan dalam rentang waktu 10 jam.
”Pada tahun yang baru ini, kami ingin mengapresiasi mereka yang selalu menjadikan keseharian kita lebih mudah. Hal ini didasarkan pada masukan para pelanggan GrabFood. Kami berharap, para pahlawan ini juga tidak lupa makan, untuk bisa selalu beraktivitas, melayani dari hati, tanpa melupakan diri sendiri,” kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.
Ia berharap, gerakan Jangan Lupa Makan bisa mengingatkan setiap orang untuk tidak lupa makan secara teratur. Jangan sampai kesibukan yang begitu padat dalam kegiatan sehari-hari malah membuat kita melewatkan waktu makan.
”Bersamaan dengan datangnya tahun baru, di mana banyak orang memiliki resolusi yang dapat memacu motivasi dan semangat baru, GrabFood mengajak setiap orang untuk membangun kebiasaan baru, yaitu makan teratur untuk mendukung aktivitas harian,” ujar Neneng.
Apresiasi untuk driver
Selain mengapresiasi petugas pelayanan publik, Grab Indonesia juga berencana menggelar apresiasi serupa kepada driver atau pengemudi motor mitra pengantar makanan GrabFood. Pada akhir Januari 2019, pelanggan GrabFood yang ingin mengapresiasi kinerja driver bisa memesan makanan atau minuman untuk mereka melalui aplikasi.
”Caranya sangat mudah. Sama seperti ketika pelanggan memesan makanan melalui GrabFood. Jika restoran pilih berpartisipasi dalam program ini, menu khusus untuk mitra pengantaran atau driver GrabFood akan tersedia di halaman menu restoran tersebut,” ujar Neneng.
Fitur baru GrabFood
Dalam kesempatan tersebut, Neneng juga menyampaikan beberapa fitur baru yang disediakan GrabFood untuk memfasilitasi pelanggan, mitra driver, serta mitra penyedia makanan dan minuman. Ada total tujuh fitur baru yang diumumkan.
Salah satunya adalah ”GrabFood Ambil Sendiri”; pelanggan dapat memesan makanan sebelum tiba di restoran sehingga makanan sudah siap untuk dibawa pulang ketika pelanggan sampai di restoran tersebut. Ada juga fitur ”Multi Order”; pelanggan bisa memesan makanan dan minuman melalui aplikasi dari empat restoran berbeda dalam waktu yang sama.
Ada juga fitur ”Pesan Ulang” dan ”Kesayanganku” yang memudahkan pelanggan menemukan restoran favorit mereka. Layanan lain yang sudah tersedia sebelumnya dan terus diperbarui adalah layanan GrabKitchen, Pusat Bantuan, dan Centang Hijau penanda mitra pilihan.
”Di zaman digital ini, kita semua harus fleksibel. Hari ini bisa A, besok jadi B, tergantung pasar, customer, dan dinamikanya. Kami fokus terhadap customer, merchant, dan partner delivery untuk memudahkan dan membuat mereka happy. Kami akan terus memikirkan inovasi lain. Enggak akan berhenti di sini,” tutur Neneng.