20 Keunggulan Honda CR-V di Indonesia
Keunggulan setiap kendaraan menjadi pijakan untuk menentukan pilihan. Konsumen kini dihadapkan banyak pilihan. Bukan sekadar memilih model, teknologi mesin pun menjadi pertimbangan, termasuk konsumsi bahan bakar.
JAKARTA, KOMPAS — Persaingan di pasar otomotif model sport utility vehicle Indonesia semakin ketat setelah All New Mazda CX-30 hadir pekan ini. Banyaknya pilihan dengan berbagai fitur dan teknologi yang semakin lengkap sesungguhnya sangat menguntungkan bagi konsumen pencinta otomotif.
Manajer PR dan Digital PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili di Jakarta, Rabu (29/1/2020), mengatakan, ”Kehadiran banyak model di segmen SUV sesungguhnya memberikan pilihan bagi konsumen sesuai kebutuhan. Kami meyakini, setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda dalam memilih sebuah mobil.”
Honda memercayai, kehadiran Honda CR-V yang sudah memasuki perjalanan lintas generasi masih tetap memiliki kekuatan karakter dan keunggulannya tersendiri dibandingkan dengan model SUV lain. Karena itu, CR-V dapat menjadi pilihan utama konsumen.
Dari generasi pertama (tahun 2000) hingga munculnya generasi kelima (2017), CR-V memiliki setidaknya 20 fakta keunggulan. Pertama, meskipun tidak pernah digunakan secara resmi, CR-V merupakan kependekan dari comfortable runabout vehicle. ”Ada juga yang menyebut creative runabout vehicle atau juga creative represional vehicle. Banyak istilah, tetapi intinya CR-V digunakan sebagai kendaraan serbaguna,” ujar Karfili.
Keunggulan kedua, CR-V menjadi salah satu model World Premier di Jepang tahun 1995. Kemudian, diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 1997. Selanjutnya, diperkenalkan ke sejumlah negara di dunia.
Keunggulan ketiga, penjualan secara akumulatif di Indonesia sudah mencapai 213.241 unit sejak tahun 2000 hingga 2019. Bahkan, CR-V tercatat sebagai SUV dengan penjualan total tertinggi di Indonesia.
Nah, bagaimana penjualan CR-V di luar negeri? ”Penjualan 213.241 unit itu berlangsung selama 20 tahun. Kalau di China, penjualannya setahun pada 2019 saja sudah mencapai 213.000 unit. Luar biasa,” kata Karfili.
Sementara penjualan tertinggi tercatat di Amerika Serikat. Dalam satu tahun, penjualan CR-V tahun 2019 mencapai lebih dari 380.000 unit. Ini menjadi papan atas penjualan mobil di Amerika. Memang, perbandingan dengan pasar otomotif di Indonesia, penjualan total mobil seluruh industri otomotif sekitar 1 juta unit, sedangkan di dua negara itu masing-masing sudah mencapai 20 jutaan unit.
Keempat, CR-V sudah terjual di 150 negara di seluruh dunia. Total penjualannya mencapai lebih dari 9 juta unit. Untuk di Indonesia, CR-V merupakan model SUV pertama yang diproduksi PT Honda Prospect Motor pada 2000.
”Bahkan, sebelum Honda memulai produksi mobil di Karawang, CR-V sudah diproduksi di pabriknya yang terletak di daerah Sunter, Jakarta Utara,” ujar Karfili.
Keunggulan kelima, CR-V sudah mendapatkan berbagai penghargaan internasional. Ada yang menyatakan sebagai best small SUV. Di Amerika, predikat mobil terbaik tahun 2017.
Keenam, CR-V merupakan SUV dengan periode penjualan terpanjang di Indonesia. Model ini menjadi salah satu pionir SUV yang terus konsisten di pasar otomotif sejak tahun 2000. Saat itu, model SUV belum banyak dijual di Indonesia.
Keunggulan ketujuh, khusus generasi kelima saja, sudah banyak penghargaan. Untuk di Indonesia, selama 20 tahun ini, CR-V sudah mendapatkan sekitar 40 penghargaan, baik sebagai mobil terbaik maupun sebagai SUV terbaik.
Keunggulan kedelapan, CR-V menjadi kendaraan dengan tingkat keamanan berkelas dunia. Setiap generasi Honda CR-V secara konsisten berhasil meraih rating tertinggi dalam berbagai uji keselamatan dengan standar internasional.
Menilik generasi pertama, keunggulan kesembilan menunjukkan, CR-V memiliki orientasi pada penumpang. Berbeda dengan kebanyakan model SUV yang berbasis ladder frame, Honda CR-V dikembangkan dengan frame monocoque dan dilengkapi dengan McPherson Strut dan Multi Link Suspension untuk meningkatkan kenyamanan dan kestabilan yang lebih baik.
”CR-V generasi pertama di baris ketiga dibentuk jok yang saling berhadapan. Itu ternyata hanya ada di Indonesia. Memang, ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar memiliki tujuh jok. Sebenarnya, versi aslinya berupa meja piknik serbaguna yang bisa ditarik keluar-masuk sewaktu mobil ini digunakan oleh keluarga,” kata Karfili.
Hal itu mempertegas keunggulan ke-10 bahwa CR-V adalah mobil SUV pertama yang diproduksi Honda di Indonesia.
Keunggulan ke-11, CR-V sebagai model SUV memiliki platform dengan model sedan yakni Honda Civic. Artinya, CR-V merupakan hasil pengembangan dari platform sedan sehingga kenyamanan, styling, dan rasa berkendara SUV, tetapi kenyamanan layaknya mengendarai sedan. Sejak pertama diproduksi, CR-V menggunakan sharing platform ini berlanjut hingga model All New Honda CR-V generasi kelima.
Kemudian, keunggulan ke-12 berupa varian mesin baru. Generasi ketiga tampil pertama kalinya dengan transmisi enam percepatan dan merupakan spesifikasi yang pertama di kelasnya. Untuk pertama kalinya pula, model ini dijual dalam pilihan mesin 2.400cc.
Keunggulan ke-13, konsep urban SUV. Sejak generasi ketiga, CR-V konsisten dengan konsep pengembangan yang memadukan antara desain stylish khas perkotaan dan performa tangguh khas SUV. Dan, pengembangannya berlanjut menjadi keunggulan ke-14, yakni teknologi nanoe yang disematkan di generasi empat.
”Teknologi nanoe digunakan untuk menjaga kualitas udara di ruang kabin sehingga lebih sehat, menjaga kesegaran makanan, melembabkan kulit, dan sebagainya,” kata Karfili.
Keunggulan ke-15, varian tempat duduk kembali bervariasi yakni lima dan tujuh tempat duduk sebagai pilihan. Untuk pertama kalinya, All New Honda CR-V generasi kelima memberikan pilihan konfigurasi tujuh tempat duduk pada varian mesin 1.5L Turbo dan lima tempat duduk pada varian mesin 2.0L.
Keunggulan ke-16, mesin turbo untuk generasi kelima. Ini menggantikan mesin 2.4L yang terdapat di generasi sebelumnya. Mesin yang lebih kompak membuat bahan bakar lebih efisien. Namun, dengan teknologi turbo membuat tenaga meningkat dibandingkan mesin 2.4L. Bahkan, tenaga maksimum generasi kelima saat ini merupakan tertinggi di kelasnya.
Keunggulan ke-17, tentunya belum ada di Indonesia, yakni mesin hybrid. ”Memang, belum ada di pasar Indonesia. Adanya CR-V bermesin hybrid sebenarnya mau menunjukkan Honda sudah punya teknologi terbaru yang lebih ramah lingkungan,” ujar Karfili.
Ke-18, keunggulan terletak pada pengujian ketangguhan CR-V. Tahun 2019, CR-V dalam suatu ekspedisi sudah mengelilingi Indonesia. Ini digelar bersama asosiasi gubernur dan pemerintah provinsi seluruh Indonesia dengan mengunjungi 34 provinsi di Indonesia. Keliling Indonesia mencapai ribuan kilometer, menunjukkan mesin turbo memiliki keandalan yang baik dan mampu melintas berbagai medan jalan.
Keunggulan ke-19 adalah penghargaan bagi konsumen loyal yang setia menggunakan CR-V lebih dari 18 tahun. Tentu, mobilnya masih dipergunakan dan dirawat hingga kini, bahkan sudah tercatat mencapai puluhan ribu kilometer.
Karfili juga menyebutkan, keunggulan ke-20 menyangkut pengalaman layanan jasa servis kendaraan. Hal ini pun memiliki kesamaan dengan produk Honda lainnya.