logo Kompas.id
Industri Otomotif Jepang Masih...
Iklan

Industri Otomotif Jepang Masih Merajai Pasar

Industri mobil Jepang melancarkan kampanye ekspor kendaraan secara besar-besaran dalam usahanya untuk menguasai pasaran dunia.

Oleh
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/pZ1QFLENKIG4bA-FvHjEbe9uBSo=/1024x620/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F3DE8FF38-6809-46CC-8DCD-429C98944382.jpeg
Kompas/Hasanuddin Assegaff

Perakitan Toyota Kijang, produk andalan Toyota di Indonesia, di pabrik PT Toyota Astra Motor di Jakarta, 30 Juni 1989.

Tidak lagi kita saksikan kehebatan penjualan produk elektronik merek Jepang seperti komputer dan telepon seluler. Munculnya merek tak ternama dengan harga lebih murah termasuk salah satu penyebab memudarnya dominasi produk Jepang. Memudarnya perekonomian dengan stagnasi sejak dekade 1980-an itu disebabkan penuaan penduduk yang telah menurunkan produktivitas.

Tak demikian dalam industri otomotif. Jepang merajai pasar dunia lewat tiga besar Toyota, Nissan, dan Honda yang bertengger dalam persaingan global. Ini hasil ambisi Jepang. Pada dekade 1960-an, Jepang ingin merajai pasar otomotif dunia. Riset teknologi otomotif gencar didalami. Pelayanan purnajual menjadi faktor lain yang membuat konsumen global menyukai produk otomotif Jepang.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000