logo Kompas.id
Media Konvensional Perlu...
Iklan

Media Konvensional Perlu Bertransformasi

Meski mendapatkan tantangan besar, media massa diharapkan tetap menjadi penjernih. Bukan ikut menyebar hoaks di era digital.

Oleh
JUMARTO YULIANUS
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/8J5hR0lB0Id6FJlYph_iPD6VWOY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2F20200209_ENGLISH-HPN_B_web_1581255930.jpg
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Foto tumpukan sejumlah koran yang terbit di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Di tengah gempuran media sosial, media arus utama saat ini masih menjadi acuan informasi bagi warga.

BANJARMASIN, KOMPAS — Media massa konvensional menghadapi tantangan besar pada era disrupsi. Pesaing utamanya kini bukan lagi sesama media massa, melainkan media sosial yang menguasai informasi dan teknologi digital. Untuk bertahan dan terus berkembang, media konvensional perlu bertransformasi.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun yang ditemui di sela-sela acara syukuran puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (9/2/2020), mengemukakan, penelitian terakhir Dewan Pers pada November 2019 menunjukkan hampir 70 persen masyarakat sekarang mengandalkan informasi dari media sosial.

Editor:
Siwi Yunita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000