logo Kompas.id
Janji Teten dan Strategi...
Iklan

Janji Teten dan Strategi Thailand

Thailand memberikan imbal tunai (”cashback”) kepada konsumen yang membeli produk UMKM. Kebijakan seperti itu diperlukan untuk mendorong konsumsi rumah tangga lewat belanja dan kuliner.

Oleh
Agnes Theodora/cyprianus anto saptowalyono
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hRfR0-LdxzPoGaaP5u2sLszLfIo=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2F20200305_ENGLISH-UMKM_C_web_1583419876.jpg
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Aneka kain sasirangan dipajang dalam kegiatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) UMKM Expo II di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (29/1/2020). Kegiatan itu bertujuan mendekatkan UMKM dengan pasar atau pembeli dan memberikan dorongan serta motivasi kepada UMKM untuk terus-menerus berinovasi.

Usaha mikro, kecil, dan menengah selalu memiliki peluang menembus pasar dalam negeri dan luar negeri. Usaha penopang ekonomi kerakyatan dan tulang punggung ekonomi nasional itu memiliki kelenturan dan daya tahan menghadapi berbagai macam krisis.

Kendati demikian, pemerintah tidak tinggal diam. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan terus memperkuat UMKM, salah satunya belajar dari strategi pengelolaan UMKM di Thailand.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000