New Ayla dan New Sirion Membidik Generasi Milenial
›
New Ayla dan New Sirion...
Iklan
New Ayla dan New Sirion Membidik Generasi Milenial
New Ayla dan New Sirion, duo legendaris Daihatsu, terus merangsek pasar otomotif Indonesia. Penyegaran yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor diharapkan mampu membidik pasar generasi milenial.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Walaupun tahun 2020 ini diawali dengan kondisi yang cukup menantang, mulai dari banjir, melemahnya permintaan pasar dan daya beli, hingga merebaknya wabah coronavirus disease 2019 atau Covid-19, Daihatsu tetap berkomitmen meluncurkan produk barunya, yaitu New Daihatsu Ayla dan New Daihatsu Sirion.
Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura dalam peluncuran kedua produk mobil perkotaan itu di Jakarta, Kamis (19/3/2020), mengatakan, ”Baru-baru ini virus korona jenis baru berkembang secara global, termasuk di Indonesia. Karena itulah, kami mengubah acara peluncuran kami ke peluncuran digital,” kata Tetsuo Miura melalui siaran langsung di kanal Youtube.
Tetsuo Miura mengharapkan semua Sahabat Daihatsu bisa kembali bangkit dari situasi ini. Tak lupa, Daihatsu turut bersimpati kepada mereka yang terkena virus korona ini.
Terkait peluncuran, Tetsuo Miura mengatakan, Ayla adalah produk pelopor model LCGC di Indonesia. Sejak diluncurkan pertama kali pada 2013 hingga Februari 2020, Ayla telah terjual lebih dari 214.000 unit. Sementara Sirion diluncurkan pertama kali pada 2007, dan telah terjual lebih dari 35.000 unit.
”Kedua model itu menyasar anak muda, yang mengutamakan mobil dengan desain yang stylish dengan fitur kekinian, serta no worries selama pemakaian,” kata Tetsuo Miura.
Sebagai dua model utama, Daihatsu menekankan pada peningkatan penampilan Ayla dan Sirion yang merupakan produk representatif untuk ”youth project”. Indonesia saat ini didominasi kaum milenial dan generasi muda.
Berdasarkan survei ADM, anak muda sangat peduli dengan desain yang penuh gaya, kenyamanan, dan fitur-fitur canggih, serta keamanan yang mendukung gaya hidup dinamis mereka.
Dengan tagline#BeraniSerius, Ayla mengusung tema ”Serius Serunya”, sedangkan Sirion membawa semboyan ”Serius Hitsnya”. Ayla tampil seru dengan desain sporty dan keren. Mengadopsi gril dan bumper depan Ayla Turbo yang pernah dipamerkan pada GIIAS 2018 lalu, tampilan Ayla baru semakin modern dan sporty. Ditambah lagi dengan kaca spion, desain lampu belakang baru, dan desain velg 14 inci yang juga baru membuatnya semakin dinamis.
Priyo Wisaksono, Head of Product I dan II Department ADM, menuturkan, keberadaan anak muda dan generasi milenial saat ini mendominasi struktur sosial Indonesia. Segmen ini sangat berpotensi melakukan pembelian mobil pertama. Karena itu, gaya hidup mereka perlu diperhatikan.
”Mereka inginnya enjoy life dengan teman-teman mereka. Bahkan, ketika bekerja pun, mereka maunya melakukannya di kafe dan co-working space lainnya. Setelah bekerja pun, banyak aktivitas yang ingin mereka lakukan,” kata Priyo.
Dalam hal pertimbangan pembelian kendaraan, Priyo memandang, perhatian pertama mereka adalah anak muda yang ingin stylish. Kendaraan menjadi ekspresi diri kepada teman-temannya. Kedua, mobil yang diinginkan bisa memberi hiburan (entertaining)dan nyaman bersama teman-temannya. Ketiga, punya mobil harus no worries, tak ada kekhawatiran dalam mengoperasikan dan merawat.
Futuristik
Desain bagian depan New Ayla ini memang terlihat futuristik di kelasnya. Mark Widjaja, Head of Styling Design Department ADM, mengatakan, hal yang menginspirasi adalah kehadiran mobil konsep Ayla Turbo yang dipamerkan di GIIAS 2018. Banyak umpan balik dari konsumen Daihatsu, terutama dari sisi desain.
”Tentu saja, karena produk ini diperuntukkan produksi massal sehingga Daihatsu perlu melakukan adjustment di sana-sini supaya menjadi dream come true. Selama itulah kami melakukan pengembangan mobil ini,” kata Mark.
Pada sisi interior, warna hitam mendominasi untuk memberikan kesan sporty, sedangkan pada bagian kontrolAC juga diubah menjadi digital. Ini membuat tampilan lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil. Begitu pula penggunaan head unit yang mengadopsi layar sentuh 2-Din, kaca spion luar yang bisa dilipat, serta sensor parkir dan kamera mundur (khusus tipe 1.2R).
Untuk varian 1.2R A/T, fitur keamanan juga dilengkapi ABS (anti-lock braking system) & EBD (electronic brakeforce distribution) guna memberikan performa keamanan yang maksimal. New Ayla tersedia dalam tjuh pilihan warna, dengan dua pilihan warna terbaru, yaitu yellow metallic dan glittering silver metallic.
Sementara untuk New Sirion, ada penambahan aerokit dan side stone guard baru, menjadikan eksterior New Sirion lebih segar. Selain itu, dilengkapi head unit dengan ukuran layar lebih besar dan fitur yang lebih canggih, seperti Mirror Link. New Sirion tersedia dalam lima pilihan warna, dengan dua pilihan warna terbaru, yaitu electric blue metallic dan granite gray metallic.
”Kami menyediakan paket kredit dengan DP rendah, angsuran ringan, dan tenor yang panjang sehingga semakin mudah bagi kaum milenial untuk memiliki dan membawa pulang New Ayla dan New Sirion. Silakan kunjungi outlet Daihatsu terdekat untuk melihat secara langsung dan test drive,” ujar Supranoto, Chief Executive PT Astra International–Daihatsu Sales Operation.
New Ayla dengan 12 varian baik bertransmisi manual maupun otomatis dibanderol mulai Rp 101,65 juta hingga tipe tertinggi 1.2R Deluxe A/T seharga R 159,4 juta. Sementara New Sirion 1.3 yang hanya dibedakan dalam dua tipe (manual dan otomatis) dibanderol Rp 200,1 juta hingga Rp 214,85 juta. Semua harga ini ditetapkan khusus untuk on the road Jabodetabek.