Jualan Virtual, Lebih dari 400 Mobil Daihatsu Terjual dalam 1 Jam
›
Jualan Virtual, Lebih dari 400...
Iklan
Jualan Virtual, Lebih dari 400 Mobil Daihatsu Terjual dalam 1 Jam
Pandemi Covid-19 semakin mendorong berbagai terobosan kreatif. Penjualan otomotif nasional yang merosot mendorong Daihatsu melakukan penjualan secara virtual. Alhasil, selama 1 jam saja menuai penjualan 404 unit.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Saat pandemi Covid-19 tak kunjung usai menebar kekhawatiran, Daihatsu menyiasati keterbatasan bertemu calon konsumen secara langsung dengan cara menggelar acara Virtual Daihatsu Festival, akhir pekan lalu. Hanya dalam waktu 1 jam tercatat 404 konsumen langsung memesan berbagai model mobil Daihatsu.
Acara tersebut mempermudah calon konsumen untuk memesan mobil Daihatsu secara daring dengan berbagai penawaran menarik. Penjualan yang dikemas dalam bentuk virtual ini berhasil diikuti lebih dari 1.800 orang.
Seluruh gerai resmi Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia dilibatkan dalam acara ini. Pemesanan kendaraan dari acara ini dilayani gerai Daihatsu terdekat dengan tempat tinggal pemesan.
Tipe kendaraan dengan tiga baris tempat duduk, seperti model multi-purpose vehicle (MPV), low cost green car (LCGC) MPV, dan sport utility vehicle (SUV), menjadi mobil yang paling banyak dipesan. Kontribusi seluruh model itu tercatat mencapai sebesar 46 persen. Posisi penjualan kedua ditempati kendaraan jenis komersial sebanyak 43 persen, dan disusul tipe mobil perkotaan (city car) dengan kontribusi 11 persen.
Berdasarkan data PT Astra Daihatsu Motor (ADM), lima mobil yang paling banyak dipesan selama Virtual Daihatsu Festival adalah Daihatsu Gran Max Pick Up (sebanyak 38 persen), diikuti Astra Daihatsu Sigra (27 persen), Daihatsu Xenia (12 persen), Astra Daihatsu Ayla (10 persen), dan Daihatsu Terios (7 persen).
Selama 1 jam, pengunjung Acara Virtual Daihatsu Festival juga dihibur dengan stand-up comedy dan talkshow interaktif. Ada pula penawaran penjualan dengan berbagai hadiah menarik. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk pada saat talkshow berlangsung ataupun yang berpartisipasi dalam acara kuis di akhir acara.
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Selasa (7/7/2020), mengatakan, ”Daihatsu mengerti kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk bertemu customer secara langsung. Virtual Daihatsu Festival menjadi solusi untuk berinteraksi dengan customer di tengah merebaknya pandemi Covid-19.” (*/OSA)