logo Kompas.id
Susun Strategi Sebelum Terjun ...
Iklan

Susun Strategi Sebelum Terjun ke E-dagang

Rencana usaha sebagai fondasi strategi harus dimiliki oleh pelaku usaha yang ingin terjun ke pasar digital. Tanpa rencana dan persiapan, usaha di dunia digital akan sulit dijalankan.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/kaIF6m1ISQxptwu9yMcFyDHEMgw=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2F7634d3d8-7df4-4c32-ae4d-d3a533d4c04e_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pekerja sedang membatik di usaha mikro, kecil, dan menengah batik Kanagoods di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (27/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Digitalisasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah dalam masa pandemi Covid-19 dinilai harus cepat dilakukan guna mempertahankan usaha. Namun, sebelum terjun ke pasar digital, termasuk platform e-dagang, pelaku usaha harus menyiapkan strategi agar mampu berdaya saing.

Penjualan produk baik jasa maupun barang kini dapat dilakukan di berbagai platform, antara lain di media sosial, situs web, serta e-dagang. Untuk itu, pelaku usaha harus memiliki pemahaman bagaimana cara kerja penjualan produk secara dalam jaringan (daring) sebelum memulai.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000