MG Perkenalkan MG HS di Pasar Otomotif Indonesia
Baru empat bulan meluncurkan model MG ZS, MG meluncurkan model baru, MG HS, di pasar otomotif Indonesia. Persaingan model SUV makin ketat. Saling merebut pasar SUV tak terhindarkan.
TANGERANG, KOMPAS – Baru empat bulan mendobrak pasar otomotif Indonesia dengan MG ZS, MG Motors kembali membuat kejutan bagi pasar otomotif Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, MG optimistis bisa menstimulus pasar otomotif dengan menghadirkan MG HS.
Impresi perdana mengemudi MG HS itu diberikan kepada para jurnalis otomotif di seputaran BSD City, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (11/8/2020). Rencananya, MG HS sebagai model kedua SUV khas Inggris yang dihadirkan di Indonesia, itu, bakal diluncurkan di Jakarta pada Kamis, 13 Agustus 2020.
Hujan deras yang mengguyur kawasan Serpong tak menyurutkan minat puluhan jurnalis mencicipi kebolehan SUV khas Inggris ini. Sepintas, tampilan eksterior mobil ini mirip model sebelumnya, MG ZS. Namun, begitu membuka kabin mobil ini, kemewahan dan sensasi elegannya langsung terasa.
Balutan warna merah marun pada dasbor dan trim, termasuk kombinasi jok kulitnya, terlihat begitu berani dan kontras. Terlebih, jok pengemudi dan penumpang depan pun sudah semi-bucket seat.
Jahitannya pada jok ini pun terlihat halus. Tidak sekadar menjiplak desain interior otomotif lain. Ditambah lagi, lampu ambient dengan warna yang begitu banyak, bahkan mencapai ratusan untuk memenuhi selera hati pengemudi maupun penumpangnya. Tentu, makin asyik saat mengemudi mobil ini di saat hari mulai gelap.
Kompas yang mendapatkan kesempatan mengemudi MG HS langsung beradaptasi dengan fitur-fitur yang begitu melimpah. Seperti lazimnya mobil Eropa, posisi tuas lampu sein dan lampu lainnya terletak di sisi sebelah kiri roda kemudi. Sedangkan, panel untuk wiper terletak di sebelah kanan roda kemudi.
Yang menarik, mobil ini desain dengan lima pilihan mode berkendara yakni Normal, Eco, Custom, Sport, dan Super Sport. Pilihan mode mengemudi Super Sport seperti memang asyik untuk dicoba. Meskipun hujan saat itu semakin deras, pijakan pedal gas pada mode Super Sport terasa mengentak responsif.
Dan, roda-roda berdiameter 18 inci itu pun melesat dengan cepat melintasi jalan yang lebar di kawasan BSD City. Karena ingin merasakan sensasi mesin 1.5 liter dengan turbonya yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 162 HP, Kompas membawanya ke area bekas sirkuit BSD. Mesin mobil lima tempat duduk ini mampu menghasilkan torsi maksimum 250 Nm pada putaran mesin 1.700 rpm.
Arief Syarifudin, Direktur PR dan Pemasaran MG Motor Indonesia, mengatakan, MG bukan hanya berpacu dengan tantangan global. Bagi MG, pandemi Covid-19 tak boleh menjadi penghalang untuk diperkenalkan di Indonesia. “Saat mesin sudah dinyalakan dan pedal gas sudah diinjak, MG akan terus bergerak merambah pasar otomotif di belahan dunia, termasuk Indonesia,” kata Arief.
Pertegas komitmen
Seperti diketahui, MG (Morris Garage) telah berdiri sejak 1924 di Longbridge, Birmingham, Inggris. Sejak saat itu pula MG terus bergerak dengan giat untuk terus mencetak lebih banyak kesuksesan di pasar internasional, termasuk Indonesia.
Kehadiran model kedua ini semakin mempertegas komitmen MG untuk menjadi pilihan menarik bagi pecinta SUV di Indonesia, sekaligus sebagai bukti MG sanggup melalui berbagai tantangan besar sepanjang setengah tahun 2020 ini. Tetap berdiri tegak. Komitmen ini semakin nyata dengan kualitas yang ditawarkan melalui MG HS, yang meyakinkan MG untuk semakin percaya diri dalam bersaing dengan merek otomotif lainnya di dalam negeri.
“Reputasi yang telah dibangun MG selama hampir seratus tahun membuat kami yakin produk yang kami hadirkan ke Tanah Air mampu meredefinisikan ekspektasi para pecinta otomotif di Indonesia,” ujar Arief.
Pusat desain dan rekayasa permesinan yang berlokasi di Longbridge, Birmingham, Inggris, memastikan konsistensi kualitas yang sama di mana pun MG dipasarkan. Seperti halnya model MG ZS, model kedua ini juga dirakit di Thailand sehingga masuk ke Indonesia dalam bentuk CBU.
Faktor keselamatan pada setiap model yang ditawarkan juga telah dilengkapi sertifikasi standar internasional. Ketiga hal tersebut adalah daya jual utama untuk bersaing di pasar otomotif di Indonesia, juga di negara lainnya.
Menjaga keaslian serta kualitas Inggris pada setiap unit dan model yang dibawa ke Indonesia juga merupakan komitmen yang selalu berusaha dipenuhi oleh MG Motor Indonesia. Setiap unit telah melalui fase produksi yang mengikuti prosedur standar Inggris walau MG Motors saat ini dimiliki perusahaan China.
Direktur Penjualan dan Jaringan MG Motor Indonesia Rendi Radito menambahkan, dengan menerapkan standar program garansi selama lima tahun tanpa batasan kilometer untuk seluruh produk MG, konsumen akan semakin dimudahkan untuk kepemilikan jangka panjang.
Perluasan jaringan serta kelancaran distribusi suku cadang di seluruh jaringan outlet 3S (sales, service, spare parts) turut memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses cita rasa MG.
Hingga kini, jaringan dealer MG baru memiliki 7 gerai. Dalam waktu dekat akan bertambah 2 gerai lagi. Tentunya, pekerjaan rumah terbesar MG Motor Indonesia untuk semakin bergerak cepat memperluas jaringan dealer di berbagai daerah. (OSA)