logo Kompas.id
Pengembangan Buah Lokal Butuh ...
Iklan

Pengembangan Buah Lokal Butuh Model Bisnis Berbasis Data

Pengembangan buah lokal dinilai membutuhkan model bisnis berbasis data agar peluang pasar bisa dimanfaatkan lebih optimal. Permintaan buah segar meningkat sejak pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gnJukTOqasVxXNQNT8i8tToiw40=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_13382680_131_1.jpeg
Kompas

Buah lokal dijual bersanding dengan buah impor di Foodmart Gourmet, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (2/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS — Permintaan buah-buahan, baik pasar dalam negeri maupun ekspor, meningkat selama pandemi Covid-19. Situasi itu membuka peluang untuk memacu produksi buah lokal. Namun, pengembangan buah membutuhkan model bisnis berbasis data agar peluang pasar itu bisa dimanfaatkan lebih optimal.

Rektor IPB University Arif Satria mengatakan, bersama sejumlah perusahaan swasta, IPB menjalankan model bisnis yang menggunakan data mulai tingkat petani hingga pasar untuk pengembangan produk.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000