logo Kompas.id
Menciptakan Tren
Iklan

Menciptakan Tren

Tren untuk mendongkrak konsumsi mesti diciptakan. Konsumsi masyarakat berperan penting pada masa pandemi Covid-19.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/IZW0002wB4q91GYHdnsRvUWDBeI=/1024x498/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F1ebca73c-6399-4623-a800-05fb1d5600e3_jpg.jpg
BADAN PUSAT STATISTIK

Data konsumsi rumah tangga dari tahun ke tahun sampai triwulan II-2020 yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) dan dirilis pada Rabu (5/8/2020).

Pemerintah membanting tulang untuk meningkatkan konsumsi masyarakat agar bisa terhindar dari resesi pada akhir triwulan III-2020 atau September. Kelas menengah muda sebenarnya bisa jadi andalan untuk mendorong konsumsi dan membiasakan gaya hidup yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Bagaimana mereka bisa berperan? Dalam berbagai obrolan terungkap, saat ini kelas menengah cenderung pelit berbelanja. Mereka memilih menabung meskipun suku bunga tabungan sudah sangat rendah. Mereka masih malas datang ke restoran atau berwisata jarak pendek. Akan tetapi, situasi sangat berbeda ketika mereka berbicara tentang sepeda. Belanja sepeda menjadi pengecualian di tengah pandemi Covid-19. Mereka mau mengeluarkan uang demi mendapatkan sepeda impian.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000