New Toyota Yaris untuk Menstimulus Pasar Otomotif Nasional
›
New Toyota Yaris untuk...
Iklan
New Toyota Yaris untuk Menstimulus Pasar Otomotif Nasional
Toyota sekali lagi berusaha menstimulus pasar otomotif nasional. Di era ”new normal” menghadapi pandemi Covid-19, New Yaris diharapkan mendongkrak pasar otomotif walaupun kondisi pasar belum pulih sepenuhnya.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, Toyota menghadirkan New Yaris sebagai stimulus untuk terus mendorong pasar otomotif nasional. Walaupun pasar MPV dan SUV tetap menjadi andalan, kehadiran versi facelift dari model hatchback, ini, diharapkan bisa kembali menggairahkan pasar otomotif.
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, dalam konferensi pers virtual peluncuran New Yaris di Jakarta, Selasa (8/9/2020), mengatakan, komposisi pasar hatchback dibandingkan total pasar otomotif nasional pada tahun 2016 mencapai 19 persen. Kemudian, semakin maraknya pemain model hacthback pada tahun 2019, pasar model hatchback berada di posisi 16,1 persen.
Secara penjualan ritel tahun 2020, pasar hacthback yang dibayang-bayangi pandemi Covid-19 kini tercatat 15,7 persen. Komposisinya mengalmi penurunan. Namun, jumlahnya diperkirakan masih signifikan.
”Kalau pasar nasional sekitar 1 juta unit, pasar hacthback paling tidak masih mencapai 10.000 unit per bulan. Memang, model MPV dan SUV tetap dominan,” kata Jimmi.
Kali ini, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan New Yaris yang tak hanya tampil sebagai hatchback yang semakin stylish dan muda, tetapi juga menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan, khususnya bagi mereka yang berjiwa muda saat bermobilitas sehari-hari.
”Mobilitas pelanggan di era new normal ini adalah prioritas utama bagi Toyota. Untuk itu, kami terus kuatkan komitmen untuk terus menghadirkan berbagai produk yang dapat memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Termasuk New Yaris, yang kami harapkan dapat mendukung mobilitas pelanggan di era new normal ini, khususnya bagi generasi muda yang membutuhkan stylish hatchback yang lincah, mudah digunakan, serta exciting to drive,” kata Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda.
Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006, Toyota Yaris telah membuka pasar baru di segmen hatchback. Saat itu, Yaris tampil dengan semboyan ”All About Fun”, yang menegaskan bahwa konsep pengembangan Yaris adalah mobil yang sesuai dengan anak muda atau bagi mereka yang memiliki jiwa muda. Dimensi yang kompak ditambah dengan nilai kepraktisan yang dapat mendukung berbagai macam aktivitas mobilitas sehari-hari menjadi DNA yang berhasil membuat Yaris meraih respons positif dari pelanggan.
Melihat respons positif pelanggan, Yaris terus dikembangkan agar dapat memenuhi serta mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan mobilitas pelanggan yang dinamis. Tahun 2014, Yaris generasi kedua di Indonesia hadir dengan desain yang mengedepankan konsep ”Advanced Fascinating True Hatchback”. Pada generasi ini, dimensi Yaris mengalami penambahan panjang 315 mm, lebih lebar 5 mm, dan tinggi lebih rendah 45 mm.
Dalam perjalanannya pada tahun 2016, Yaris juga dibekali dengan mesin baru berkode 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc yang lebih bertenaga. Kedua langkah peningkatanini disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas pelanggan pada saat itu terhadap hatchback yang maju.
Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto mengatakan, ”Dari generasi ke generasi, Yaris sebagai hatchback ternyata dapat diandalkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan mobilitas. Sebagai bentuk apresiasi dan implementasi dari semangat ’Let’s Go Beyond’, kami kembali berikan improvement pada Yaris agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang terus berkembang, terutama di era new normal ini.”
Radius putar
Dalam peluncuran secara virtual, pebalap andalan Toyota Team Indonesia (TTI), Demas Agil, sempat menunjukkan, perubahan signifikan pada New Yaris ini adalah menyangkut radius putar. Selama ini, dengan bodi yang lebih panjang setelah mengalami improvement pada tahun 2014, radius putar mobil ini mencapai 5,7 meter.
”Nah, ini beda banget. Mobil hatchback kompak ini menciptakan sensasi berkendara yang lincah dan menyenangkan. Sewaktu kita memutar balik, radius putarnya sekarang lebih pendek, hanya 5,1 meter. Improvement kayak begini enggak hanya memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi pelanggan dalam bermanuver, tetapi juga melengkapi DNA New Yaris menjadi sebuah hatchback kompak yang bertenaga, stabil, dan lincah,” jelas Demas.
Eksterior New Yaris juga dibalut dengan desain baru, khususnya pada bagian depan, baik di tipe G maupun TRD Sportivo. Pada tipe TRD Sportivo, New Yaris sudah dilengkapi dengan bumper dan gril desain baru, desain lampu utama yang lebih modern, dan desain baru lampu kabut LED. Tampilan depan New Yaris didesain untuk meningkatkan aura Yaris yang bergaya serta bernuansa muda sesuai karakter pelanggan generasi muda ataupun mereka yang berjiwa muda.
Sementara pada sisi interior, New Yaris juga dibekali dengan sistem infotainment baru dengan koneksi ponsel pintar. Koneksi sistem hiburan ini bikin perjalanan bisa lebih menyenangkan. Khusus untuk tipe TRD Sportivo, New Yaris juga telah dilengkapi dengan kamera parkir belakang baru yang akan semakin memudahkan saat parkir mundur.
Sisi fitur keamanan, New Yaris memberikan pilihan jumlah kantong udara. New Yaris menawarkan tipe yang menggunakan tiga kantong udaramaupun tujuh kantong udara pada seluruh variannya. Hal ini diklaim bukan untuk kompromi terhadap faktor keselamatan, melainkan ingin memberikan pilihan kepada konsumen sesuai kebutuhan masing-masing.