logo Kompas.id
Narasi Beri Nilai Tambah...
Iklan

Narasi Beri Nilai Tambah Produk UKM Tujuan Ekspor

Kisah-kisah mengenai suatu produk, seperti asal, manfaat, dan indikasi geografis, memberi nilai tambah produk-produk usaha kecil menengah Indonesia sehingga berpotensi menggaet lebih banyak konsumen di luar negeri.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Ph2giSR3ocBpo4fXMK8e-f42zCI=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2Fe4d799d7-ef62-485b-99da-721dfd0a63f1_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pekerja menghaluskan frame sepeda berbahan kayu di bengkel kerja kayuh di kawasan Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu, (16/9/2020). UKM yang berdiri sejak 2017 itu kini memproduksi 30 sepeda buatan tangan per bulan.

JAKARTA, KOMPAS — Narasi menarik mengenai suatu produk bernilai penting guna menggaet minat konsumen. Langkah praktis ini semestinya dijalankan untuk meningkatkan ekspor produk usaha kecil menengah Indonesia.

Menurut Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gappmi) Adhi S Lukman, story atau kisah-kisah mengenai suatu produk, seperti asal, manfaat, dan indikasi geografis, memberi nilai tambah. ”Pada masa sekarang ini kita harus bisa bikin story," ujarnya dalam web seminar yang digelar virtual oleh Gappmi dan Sekolah Ekspor, Senin (28/9/2020).

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000