Ubahan Kecil untuk Perkuat Karakter Sport Honda Civic Hatchback RS
›
Ubahan Kecil untuk Perkuat...
Iklan
Ubahan Kecil untuk Perkuat Karakter Sport Honda Civic Hatchback RS
Belum tiga tahun mengaspal di pasaran, Honda Civic Hatchback sudah mengalami perubahan minor alias facelift. Kompas pun berbincang-bincang dengan desainer Honda Motor Co Ltd terkait ubahan ini.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
Belum ada tiga tahun hadir di pasar, evolusi Honda Civic Hatchback sudah dilakukan. Dua varian pada model sebelumnya, S dan E, dihapus, digantikan satu tipe saja, yakni Civic Hatchback RS yang menonjolkan karakteristik mobil sporty.
Namun, perubahan pada tipe facelift ini bisa dikatakan hanya terjadi pada tampilannya. Karena di balik kap mesin, mobil ini masih mempertahankan mesin empat silinder 1.5 liter VTEC Turbo seperti model sebelumnya.
Ubahan tampilan eksterior pada Civic Hatchback RS ini langsung terlihat pada perubahan kit aerodinamika (aero kit) pada bumper depan dan belakang. Pemasangan spoiler bawah berwarna hitam mengilap juga mencuri perhatian. Velg dengan aksen dua warna (two-tone) juga makin memperkuat kesan sporty.
Dari belakang, perubahan tampilan ini makin nyata dengan ubahan pada ujung pipa knalpot. Pada model sebelumnya, ujung pipa knalpot ini terletak terpisah di sisi kiri dan kanan. Namun, pada Civic RS ini, desain ujung knalpot diubah menjadi dua lubang knalpot yang menjadi satu di bagian tengah, menyerupai desain Honda Civic Type R.
Mau tidak mau, perubahan posisi desain knalpot ini membuat ruang penyimpanan ban serep menjadi terbatas. Alhasil, berbeda dengan varian terdahulunya, velg maupun ban serep varian RS berbentuk standar, beda dengan empat velg di roda.
”Desain layout exhaust pipe yang berubah posisinya tentunya sudah melalui test efisiensi bahan bakar di bagian research and development Honda,” kata Yusak Billy, Business Inovation and Sales-Marketing Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta, beberapa pekan lalu.
Sementara menilik interiornya, desain kabin tidak banyak berubah, kecuali desain jok kulit yang sudah ditambah aksen jahitan berwarna merah. Pedal gas dan rem juga mendapat sentuhan perubahan untuk menonjolkan lagi-lagi kesan sporty.
Head unit untuk fasilitas infotainment juga mengalami perubahan dibanding model sebelumnya. Pada layar monitor ukuran 7 inci yang baru ini, tampilan kamera belakang sudah dari berbagai sudut berbeda, yakni sudut normal, komposisi melebar, dan sudut pandang dari atas.
Kompas juga mendapat kesempatan mewawancara jarak jauh dengan Shigeru Watanuki, Civic Exterior Project Leader (Assistant Chief Engineer) Honda Motor Co Ltd. Pria inilah yang berada di balik berbagai ubahan tampilan Civic Hatchback. Berikut ini petikan wawancara Kompas dengan Shigeru Watanuki.
Dengan hadirnya tipe RS, mengapa varian S dan E yang sebetulnya bisa menjadi alternatif pilihan justru dihilangkan?
Berdasarkan data yang dimiliki Honda, hampir 90 persen dari penjualan Honda Civic Hatchback adalah tipe tertinggi. Tipe ini paling diminati konsumen. Tipe RS kami pilih menjadi varian tunggal dari Civic Hatchback karena sesuai dengan permintaan dan selera konsumen yang menginginkan varian lebih sporty untuk model ini.
Apakah desain tipe Civic Hatchback RS terinspirasi dari model Civic Type R?
Jika diperhatikan, desain Honda Civic Hatchback RS saat ini lebih sporty, lebih halus dan memang karakter RS dibuat hingga menghasilkan desain seperti itu. Tipe RS dipilih karena dianggap paling sesuai dengan karakter Civic Hatchback yang sporty dan stylish. Selain itu, kami juga menangkap kebutuhan dan selera konsumen Civic yang merupakan para loyalis Honda.
Apa saja kendala yang dihadapi dalam mendesain Civic Hatchback RS?
Tantangan utama dari pengembangan desain adalah mengejar performa aerodinamis, untuk menciptakan tampilan dan performa yang lebih sporty. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan mendesain ulang pada bagian rear bumper lower garnish dengan menggunakan bentuk diffuser, yang ditujukan untuk menciptakan aliran udara yang lebih baik.
Desain dari front and rear garnish kali ini adalah proses pembentukan dari bentuk huruf L (L-shape) tiga dimensi yang bertujuan membuat tampilan lebih rendah dan lebar. Saya pikir, kami telah menciptakan mobil yang lebih sporty dan kami akan sangat bangga sebagai seorang desainer jika produk yang kami berikan dapat memuaskan konsumen.
Perubahan desain sama sekali tidak mengubah teknologi, seperti penambahan pintu bagasi otomatis. Mengapa demikian?
Perubahan model yang dilakukan saat ini memang bersifat minor change sehingga lebih difokuskan pada desain. Penambahan teknologi baru biasanya dilakukan pada fase full model change (FMC).
Apakah ide minor change tipe RS ini bertujuan makin memperkuat karakter balap yang menjadi DNA Honda?
Perubahan desain yang kami lakukan memang bertujuan untuk memperkuat kesan sporty untuk model ini. Selain itu, penggunaan varian RS, yang memang biasanya disematkan pada model yang memiliki tampilan lebih sporty, semakin memperkuat karakter racing dari model ini.
Selain mendesain Civic Hatchback RS, desain model Honda lain apa yang sudah Anda tangani?
Saya ikut serta dalam seri Civic FMC. Saya adalah project leader dari model sedan dan hatchback di proyek MMC (minor model change) ini.
Adakah perbedaan perasaan saat mendesain Honda Civic dibanding mendesain model Honda lainnya?
Civic adalah mobil Honda yang ukurannya berada di tengah-tengah model lainnya. Selain itu, ada tekanan untuk mengerjakan model FMC yang telah menerima berbagai tanggapan positif dari konsumen.