Suzuki Ignis Raih Penghargaan Sebagai Mobil Pilihan Anak Muda
›
Suzuki Ignis Raih Penghargaan ...
Iklan
Suzuki Ignis Raih Penghargaan Sebagai Mobil Pilihan Anak Muda
Mobil mungil Suzuki New Ignis menyabet penghargaan sebagai mobil pilihan milenial tahun 2020 dalam ajang Marketeers XFest 2020. Ignis dinobatkan sebagai Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Di tengah kompetisi mobil perkotaan, New Suzuki Ignis sebagai mobil andalan PT Suzuki Indomobil Sales, dinobatkan sebagai mobil perkotaan pilihan milenial. New Ignis meraih penghargaan sebagai Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020 dalam ajang Marketeers XFest 2020 yang berlangsung secara virtual pada pertengahan pekan lalu.
Harold Donnel, 4W Brand Development and Marketing Research PT SIS, dalam siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Senin (30/11/2020), mengungkapkan, “Kami berterima kasih kepada Majalah Marketeers dan semua pihak yang selalu mendukung Suzuki hingga berhasil menyabet penghargaan sebagai merk city car pilihan Gen Z.”
Menurut Harold, Suzuki memang menghadirkan New Ignis sebagai "The New Breed of Urban SUV" yang mengutamakan desain modern, nyaman dan menyenangkan dengan biaya perawatan yang kompetitif. Semua keunggulan ini menjadikan New Ignis menjadi SUV urban yang memiliki nilai lebih (value for money) dan memenuhi gaya hidup konsumennya, khususnya generasi muda.
Suzuki Ignis Sport Edition diluncurkan di Jakarta, Jumat (26/1/2018).Dengan diraihnya penghargaan tersebut, Suzuki berkomitmen terus menghadirkan model-model unggulan untuk anak muda. “Penghargaan ini menjadi kado ulang tahun Suzuki yang tahun ini memasuki usia ke-50 di Indonesia. Ke depannya, kami akan terus menambah line up mobil yang bernilai kompetitif dan sesuai dengan karakter anak muda,” ujar Harold.
Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020 merupakan ajang yang digelar oleh majalah Marketeers untuk mengetahui perusahaan atau merek di Indonesia yang mendapat tempat di hati konsumen Gen Z Indonesia. Penghargaan didapatkan dari survei online dalam kurun waktu Oktober hingga November 2020 yang menjaring setidaknya 1.300 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dengan rentang usia 18-25 tahun.
Tampilan New Ignis yang muda dan atraktif melalui desain eksterior dan interior modern diklaim sesuai dengan representasi karakter anak muda yang dinamis. Tak hanya itu, beragam fitur kenyamanan juga disematkan untuk menunjang mobilitas dan aktivitas konsumen saat berkendara, seperti keyless entry, tilt steering, kontrol audio dan koneksi telepon di roda kemudi, AC otomatis yang dilengkapi pemanas, kursi belakang yang bisa dilipat dengan proporsi 60:40, speedometer berdesain sporty, dankapasitas bagasi 260 liter.
Untuk keamanan berkendara, New Ignis juga sudah dibekali fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution(EBD), Brake Assist (BA), dua kantung udara di kursi depan, Side Impact Beam, ISOFIX, immobilizer, dan sabuk keselamatan dengan pretensioner.
Secara dimensi, tak ada perubahan pada New Ignis yang terkesan mungil ini, yakni panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm. New Ignis dilengkapi mesin K12M berkapasitas 1.197 cc dan ground clearance setinggi 180 mm, sehingga mampu bermanuver dengan baik di jalanan perkotaan maupun sedikit keluar ke jalur non-aspal.
Walaupun meraih penghargaan, Suzuki New Ignis yang disebut sebagai andalan untuk membidik segmen milenial bukanlah menjadi peraih penjualan terbanyak bagi Suzuki di Indonesia saat.
Semakin stabil
Dari data SIS, angka penjualan kendaraan semakin stabil di bulan Oktober lalu. Suzuki mencatatkan kontribusi terhadap pasar nasional sebesar 12,4 persen atau sebanyak 5.715 unit untuk penjualan ritel. Sementara, penjualan secara wholesale hanya sebesar 10,5 persen atau 5.143 unit.
Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, mengatakan, “Meski pasar otomotif sedang lesu, pencapaian penjualan Suzuki perlahan-lahan semakin stabil. Di bulan September dan Oktober, kami berhasil mencatat angka penjualan mendekati 6.000 unit. Tentunya, hal ini juga berkat kepercayaan masyarakat yang memilih produk Suzuki sebagai kendaraan andalan. Kami berharap industri otomotif Indonesia semakin pulih dan stabil kembali menjelang akhir tahun.”
Seiring peningkatan angka penjualan ritel mobil sebesar 6,4 persen berdasarkan data Gaikindo, angka penjualan Suzuki perlahan kembali stabil. Angka penjualan Suzuki ini didominasi oleh Suzuki Carry Pick Up sebanyak 3.363 unit atau sekitar 64 persen dari penjualan ritel Suzuki di bulan Oktober. Kemudian disusul Suzuki XL7 sebagai SUV unggulan Suzuki yang berkontribusi sebesar 11 persen dan Suzuki Ertiga yang menyumbang 8 persen.
Angka penjualan Suzuki pada bulan Oktober lalu didominasi produk-produk buatan Indonesia sebesar 95 persen. Mobil Suzuki yang memilki tingkat muatan komponen lokal yang tinggi hingga 85 persen ini masih menjadi pilihan utama, baik di pasar otomotif nasional maupun internasional. Karena selain mendominasi angka penjualan Suzuki di Indonesia, produk buatan dalam negeri ini juga turut berkontribusi pada angka ekspor Suzuki dengan pencapaian ekspor selama Oktober 2020 sebesar 4.190 unit.
“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Tentunya dukungan dan kepercayaan dari masyarakat semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam menstimulus pasar, sehingga dalam berbagai hal, baik ekonomi, industri, dan sektor lainnya bisa kembali stabil dan pulih seperti sedia kala,” ujar Donny.