Tetap Bergeliat, Usaha Kuliner yang Menyasar Anak Muda
›
Tetap Bergeliat, Usaha Kuliner...
Iklan
Tetap Bergeliat, Usaha Kuliner yang Menyasar Anak Muda
PT Fast Food Indonesia membuka gerai pertama Taco Bell di Jakarta. Restoran cepat saji asal Amerika Serikat yang menyajikan makanan ala Meksiko ini menyasar pasar anak muda.
Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Di tengah situasi pandemi Covid-19, usaha kuliner yang menyasar anak muda tetap bergeliat, terutama di Jakarta. Fenomena ini terlihat dari terus munculnya restoran cepat saji dengan pasar kaum muda meski pandemi belum mereda.
Perusahaan makanan cepat saji PT Fast Food Indonesia, misalnya, menghadirkan gerai pertama Taco Bell, merek global dengan sajian menu terinspirasi makanan Meksiko, di Jakarta, Jumat (18/12/2020).
General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Hendra Yuniarto mengatakan, setelah penantian panjang dan persiapan detail, akhirnya restoran cepat saji yang telah mendunia itu dihadirkan di Indonesia. Merek yang dianggap berjiwa muda dan ikonik ini dibawa ke pasar Indonesia dan menjadi merek restoran cepat saji atau QSR pertama yang menyajikan masakan khas Meksiko di kelasnya.
”Tampilan gerai baru ini memadukan identitas Taco Bell yang seru dengan budaya lokal. Kami harap gerai ini dapat memberikan pengalaman bersantap yang luar biasa bagi masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z. Harga menu berkisar Rp 15.000-Rp 80.000,” ujar Hendra.
Direktur PT Fast Food Indonesia Justinus Dalimin Juwono menambahkan, hadirnya merek restoran dunia di Indonesia, khususnya di Jakarta, diharapkan akan berkontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan negara. Berdasarkan riset yang dilakukan pada 2019, lanjut Justinus, generasi milenial punya semangat mencoba hal baru, termasuk urusan kuliner.
”Tiap akhir pekan, generasi muda bertamasya untuk mengejar kuliner yang enak dan ikonik. Ini jadi peluang Taco Bell disukai anak muda di Indonesia,” jelas Justinus.
Managing Director Taco Bell Asia Pasifik Ankush Tuli menjelaskan, Taco Bell lahir di California, Amerika Serikat, pada 1962. ”Kami senang Taco Bell bisa hadir di Indonesia, di kawasan Senopati Jakarta yang terkenal. Kami yakin Indonesia potensial untuk tumbuh dan menjadi mitra yang baik,” ujar Ankush.
Saat ini terdapat lebih dari 600 restoran Taco Bell di 30 negara di luar Amerika Serikat. Gerai Taco Bell Indonesia menyajikan makanan khasnya, antara lain Taco Supreme, Crunchwrap Supreme, Quesadilla, Burrito, dan Nachos. Untuk menjaga kualitas menu, kesegaran, keamanan ,dan menjamin kepuasan konsumen, semua menu Taco Bell dibuat dengan bahan-bahan segar, termasuk kulit taco dan tortilla.
Hendra mengatakan, Taco Bell juga menghadirkan menu eksklusif khusus untuk gerai di Indonesia, yaitu Bell Rice yang menggabungkan cita rasa Taco Bell dengan kebudayaan lokal. ”Yang terpenting, semua bahan, produk makanan dan minuman Taco Bell Indonesia mengutamakan produk lokal, kecuali ada sejumlah bumbu yang memang masih harus diimpor.”
Gerai Taco Bell ini mengusung konsep modern dan artistik dengan nuansa nyaman agar pengalaman bersantap konsumen lebih menyenangkan. Konsep dapur terbuka di mana konsumen dapat melihat secara langsung saat pesanan sedang disiapkan. Semua dijalankan dengan prosedur dan protokol kesehatan yang ketat. Selama masa pembatasan sosial berskala besar, gerai ini buka pukul 10.00-21.00 dengan jumlah pengunjung dibatasi 50 persen dari kapasitas gerai.
”Kami ingin memenuhi harapan kaum muda akan pengalaman bersantap yang unik. Mereka dapat menikmati makanan yang berkualitas serta tetap dapat bersosialisasi dengan mematuhi kaidah kesehatan sesuai prosedur pencegahan Covid-19 yang diimbau pemerintah,” ujar Hendra.