logo Kompas.id
Jelajah Penerbangan di Masa...
Iklan

Jelajah Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19

Tuntutan melakukan perawatan sesuai standar penerbangan menjadi tantangan bagi maskapai dunia dalam menjaga kualitas pesawat terbang di masa pandemi Covid-19.

Oleh
Andreas Yoga Prasetyo
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/jnjOzuEiJmKhbtNl-YcZHRYx7wY=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2F16aeea14-d32d-4da3-a150-022a85da674d_jpg.jpg
AP/KIN CHEUNG

Pramugari Cathay Pacific berada di Cathay City, kantor pusat maskapai Cathay Pacific Hong Kong, Rabu (21/10/2020). Maskapai Cathay Pacific Hong Kong melakukan restruksturisasi perusahaan akibat pandemi Covid-19.

Daya jelajah maskapai global mengalami penurunan akibat pembatasan sosial untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19. Bukan hanya berdampak pada pendapatan maskapai, penurunan penerbangan membuat pesawat lebih banyak berada di hanggar. Walau penerbangan berkurang saat pandemi, perawatan pesawat terbang tetap diperlukan untuk menjaga kualitas dan keamanan penerbangan.

Laju penurunan penerbangan dunia saat pandemi Covid-19 terlihat dari data Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau ICAO sepanjang 2020. Jumlah penerbangan rute internasional dan domestik pada 2020 sebanyak 29,4 juta penerbangan. Jumlah ini turun 34 persen dibandingkan dengan  2019 yang mencapai 44,9 juta penerbangan.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000