Sonny Tulung yang dulu dikenal sebagai pembawa acara kuis keluarga kini jadi pebisnis serba bisa. Ia sibuk menyiapkan waralaba kafe dan penatunya, selain berencana mengadakan pelatihan monetisasi Youtube.
Oleh
DWI BAYU RADIUS
·1 menit baca
Februari mendatang bakal jadi bulan yang sibuk bagi Sonny Tulung (53). Ia akan memulai bisnis waralaba kafe dan mengadakan pelatihan untuk mereka yang ingin memanfaatkan Youtube. Pranatacara televisi yang dikenal membawakan kuis keluarga pada tahun 1995-2004 itu juga sedang mengembangkan bisnis penatu.
Sonny akan menggelar program secara daring untuk memonetisasi Youtube dengan menggandeng Den JC, praktisi situs tersebut. ”Saya membantu pengguna Youtube, terutama pemula, untuk mendapatkan penghasilan,” katanya di Jakarta, Sabtu (16/1/2021).
Peluang yang bisa diraih bukan lewat iklan saja, melainkan juga sponsor dan afiliasi. ”Saya mempresentasikan personal branding (pengenalan karakter), misalnya bicara di depan kamera,” ujar Sonny.
Materi lain yang akan disampaikan seperti memikat penonton tanpa menampilkan wajah, membangun kredibilitas, dan seni memasarkan diri. ”Idenya dari saya. Ada event organizer (penyelenggara acara) yang dilibatkan. Den akan lebih banyak bicara soal teknis,” ucapnya.
Sonny juga berencana membuka Comedy Cafe di Bekasi, Jawa Barat, Februari mendatang. Ia sedang menyiapkan kemitraan sehingga kafe itu bisa didirikan di banyak lokasi.
Di sela-sela pagebluk, Sonny justru memulai usaha penatunya di Depok, Jabar, sejak Agustus 2020. Usaha itu pun tengah diupayakan berjejaring. ”Saat pandemi, kebutuhan terhadap laundry (penatu) meningkat. Saya juga sedang menyiapkan kuis digital,” ujarnya.
Pandemi rupanya tak menyurutkan semangat dan kreativitas Sonny.