logo Kompas.id
Anomali Siaran Kebencanaan
Iklan

Anomali Siaran Kebencanaan

KPI memiliki otoritas untuk memanggil seluruh lembaga penyiaran setiap saat. Jangan sampai peran-peran sentral siaran kebencanaan justru diambil oleh platform-platform media lain, seperti di media sosial.

Oleh
FATHORRAHMAN HASBUL
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/C6C6vAmRzK7cjO7mDNUPDAP6PAQ=/1024x575/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F01%2Fcdbf6577-2176-492e-85e5-d9d18bc73765_jpg.jpg
KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO

Arus deras Sungai Martapura masuk ke rumah-rumah warga di Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (19/1/2021). Terdapat puluhan ribu rumah terendam banjir dalam bencana itu.

Atmosfer bencana nasional seperti datang bertubi-tubi. Ia tidak sebatas menjadi sebuah petaka kemanusiaan yang getir, tetapi juga menjadi subyek yang memikat sebuah diskursus dalam percakapan publik dan agenda media, termasuk secara khusus media penyiaran. Ketika media sosial dianggap rentan membawa misi empati, juga kerap diragukan terkait soal keabsahan, media penyiaran lagi-lagi diharapkan menjadi jalan paling strategis dalam menyuguhkan siaran-siaran kebencanaan.

Peristiwa bencana, seperti pandemi Covid-19; longsor di Sumedang, Jawa Barat; jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182; banjir besar di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara; gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat; serta banjir bandang di Puncak, Bogor. Jabar; diekspos dengan begitu rupa oleh lembaga penyiaran televisi dan radio.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000