logo Kompas.id
MetropolitanJangan Bosan ”Ngaca”
Iklan

Jangan Bosan ”Ngaca”

Oleh
Agus Hermawan
· 3 menit baca

Publik Singapura sudah lama dimanjakan dengan fasilitas angkutan umum mumpuni. Baik yang berbasis bus maupun rel, semua angkutan massal di negeri sebelah ini semakin prima. Sebuah survei oleh Public Transport Council yang diumumkan hari Senin (6/2) menunjukkan, kepuasan penumpang Singapura pengguna angkutan umum mencapai 96,4 persen. Tingkat kepuasan pengguna angkutan umum sebagian besar didorong oleh perbaikan kenyamanan, waktu tempuh, dan waktu menunggu angkutan umum.

Rakyat Singapura beruntung. Pemerintahnya sejak jauh hari menjadikan pelayanan angkutan umum sebagai hal yang penting. Praktis seluruh bagian negara tersebut terhubungkan dengan transportasi massal cepat (MRT). Jumlah pengguna MRT lebih dari 2,8 juta orang setiap tahunnya atau hampir 77 persen dari 3,6 juta penumpang angkutan umum negeri tersebut.

Warga Jakarta sudah lama mengidamkan kotanya memiliki pelayanan angkutan umum seperti Singapura. Ada masanya penguasa berkelit saat ditanya mengapa di Jakarta tidak membangun MRT seperti di Singapura. Jawabnya macam-macam.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000