logo Kompas.id
MetropolitanMenjaga Eksistensi Qlue
Iklan

Menjaga Eksistensi Qlue

Oleh
EREN MARSYUKRILLA (Litbang ”Kompas”)
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/HQPw3Z7yoI4aYJHl0tveG9AOps8=/1024x1934/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F04%2F526881_getattachment774bbd6e-ef3d-4b56-bdde-7b8815a178f8518265.png
Kompas

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuka setidaknya tujuh kanal pengaduan untuk warga. Kanal aduan tersebut antara lain surat elektronik, media sosial (Facebook dan Twitter), telepon dan SMS, laman resmi pemprov, pesan singkat 1.708, dan aplikasi Qlue. Meskipun berbeda medium, kanal aduan bertujuan menangkap aspirasi dan melibatkan warga dalam penyelesaian persoalan di lingkungannya.

Sebagian warga menilai, pengaduan yang disampaikan dengan cara konvensional lebih mudah sampai ke pemerintah. Hasil jajak pendapat Kompas pertengahan Maret lalu menunjukkan lebih dari seperempat responden berpendapat bahwa saluran pengaduan yang paling efektif dilakukan adalah melalui telepon. Seperlima responden lainnya menilai jalur pengaduan yang paling efektif adalah dengan mendatangi kantor pemerintahan secara langsung.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000