JAKARTA, KOMPAS - Seiring Festival Jakarta Great Sale yang digelar oleh sekitar 80 pusat belanja di seluruh Ibu Kota, toko-toko dalam jaringan pun menggelar pesta diskon yang tak kalah besar-besaran, Jakarta Great Online Sale 2018. Sama seperti Festival Jakarta Great Sale, pesta diskon untuk belanja daring ini juga sekaligus untuk menyemarakkan Asian Games 2018.
Jakarta Great Online Sale (JGOS) 2018 yang diselenggarakan pada 24-30 Agustus menawarkan diskon hingga 95 persen. Ada lebih dari 100 toko daring menjadi partisipan. JGOS sudah dilaksanakan enam kali sejak 2013. Jika biasanya JGOS dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun Jakarta, tahun ini JGOS diadakan berdekatan dengan HUT Kemerdekaan RI dan Asian Games.
”Ini karena Agustus adalah bulan spesial. Selain Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kita tengah menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” ujar Ketua Panitia JGOS 2018 Irfan Badruzaman, Kamis (23/8/2018), di Pancoran, Jakarta Selatan.
Perbedaan lain dari JGOS tahun ini adalah adanya beberapa tawaran diskon, mulai dari diskon 18 persen bagi pengguna kartu debit dan kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI), harga serba Rp 49.000 untuk beberapa produk, dan diskon hingga 95 persen.
Tahun ini pencinta belanja daring mendapat sajian produk-produk berupa pernak-pernik mode, olahraga, kecantikan, perlengkapan perjalanan, gawai, peralatan ibu dan anak, serta makanan dan minuman.
Selain untuk memanjakan pencinta belanja daring dengan diskon besar-besaran, acara ini juga memiliki tujuan membangun kepercayaan masyarakat dengan sistem belanja daring.
”Acara ini dapat digunakan sebagai salah satu sosialisasi terkait keamanan, kemudahan, ataupun kenyamanan pelanggan dalam berbelanja online,” ucap Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Emilia Suhaimi.
Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan, DKI mendorong berkembangnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain untuk menciptakan lapangan kerja baru, hal ini diharapkan mampu meningkatkan pemerataan perekonomian masyarakat Jakarta.
Promosi, menurut Sri, masih menjadi kendala bagi UMKM. ”Acara diharapkan mampu berdampak positif bagi kegiatan promosi bagi UMKM,” lanjutnya.
Chief Operating Officer dan Chief Financial Officer Berrybenka Marcella Mo menyebutkan, menurut testimoni partisipan pada 2017, acara JGOS memberikan dampak positif bagi kemajuan usaha mereka. ”Berdasarkan testimoni dari partisipan JGOS tahun sebelumnya, jumlah pelanggan baru dan transaksi mereka naik hingga tujuh kali lipat setelah JGOS,” kata Marcella.
Kegiatan JGOS tahun ini diharapkan mampu dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan barang-barang karya UMKM yang berkualitas dengan harga murah. Bagi pelaku UMKM, hal ini diharapkan menjadi terobosan untuk semakin memopulerkan produk mereka. (E18)