logo Kompas.id
MetropolitanRuwet Bansos Karena Data
Iklan

Ruwet Bansos Karena Data

Dengan dukungan anggaran yang melimpah, bansos bagi warga terdampak pandemi Covid-19 belum berjalan semestinya. Data penerima bantuan serta pendistribusiannya perlu dibenahi agar bansos kian tepat sasaran.

Oleh
Benediktus Krisna Yogatama/Dhanang David Aritonang/Madina Nusrat
· 12 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/HQrDc6n-bwOPD1gHBoZVXeqYLso=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2Fce8012d8-ce82-49ab-b2c8-e9a52b7251ec_jpg.jpg
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pekerja mendata paket bantuan sosial (bansos) di Gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (23/4/2020). Bansos ditujukan ke warga yang terdampak Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS - Pemerintah telah menjanjikan warga terdampak pandemi Covid-19 bakal menerima bantuan sosial atau bansos hingga akhir Desember 2020. Namun dari dua bulan penyalurannya (April-Mei), banyak masalah yang timbul.

Masalah mulai terlihat dari adanya penerima yang mendapatkan bansos  hanya satu kali saja hingga awal Juni ini, pencairan bansos yang terhambat verifikasi data oleh pemerintah daerah, hingga distribusi yang salah sasaran. Sesuai yang dijanjikan pemerintah, warga semestinya sudah tiga kali menerima bansos (April-Juni), atau paling tidak dua kali (April-Mei).

Editor:
agnesrita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000