Berpacu Bersama Si Antik
Peninggalan jaman dahulu kala
Mobil tua mobil tua
Modelnya lucu dan mengagumkan
Mari mari jangan ketinggalan
Ramai ramai berkeliling kota”
(lirik lagu ”Mobil Tua”, Koes Plus)
Gubernur DKI Jakarta Tjokropranolo mengibarkan bendera start di halaman Balai Kota DKI, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (3/10/1980) pukul 00.01 dini hari, pertanda dimulainya reli mobil kuno.
Budinata yang mengendarai Ford T 1918 menjadi peserta pertama yang dilepas menuju Semarang dan diharapkan tiba pukul 15.31 di Balai Kota Semarang. Ada 33 mobil peserta, 10 mobil buatan tahun 1945 ke bawah.
Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Solichin GP mengendarai Mercedes Benz tahun 1936, seperti yang dipakai Adolf Hitler. Ada juga Chepot dengan Citroen 1938 Al Capone, Lita Sudarmo dengan Ford T 1945, Aswin Bahar dengan Plymouth 1948, Duwardi dengan Morris 1952, dan Putong dengan Chevrolet 1948.
Setelah beristirahat sehari, peserta menempuh perjalanan pulang ke Jakarta pada Minggu (5/10) pukul 00.01. Sebanyak 27 mobil berhasil mencapai finis di Balai Kota Jakarta pukul 17.00.
Susul-menyusul
Selepas start, para peserta memacu kendaraannya demi mengejar waktu. Meski usianya sudah puluhan tahun, mobil mampu melaju hingga 80-90 kilometer per jam. Bahkan, Citroen yang dikendarai Chepot kadang sampai 120 kilometer per jam. Karena itu, jarak Jakarta-Semarang yang diperkirakan ditempuh 16 jam bisa dipersingkat hanya 8-10 jam.
Sempat terjadi kebut-kebutan antara Solichin GP (Mercy, 1936), Duwardi (Morris, 1952), dan Putong (Chevrolet, 1948). Kecelakaan dialami Atjep yang mengemudikan Fiat 1940. Mobilnya kehilangan kendali dan terbalik masuk kebun kacang dalam posisi tegak saat menyalip truk gandeng menjelang pos terakhir rute Jakarta-Semarang. Beruntung ketiga penumpangnya selamat.
Bagi Lita, satu-satunya peserta wanita, reli ini menyenangkan meski harus mengalami knalpot copot di Cirebon. Mobil Ford T 1945, menurut Lita, aslinya buatan 1918. Namun, karena mesinnya sudah payah, diganti dengan mesin 2200 cc bikinan 1945.
Bersama kopilot Rudy Charles, mobil yang masih bisa dipacu 60 kilometer per jam ini berhasil menuntaskan perjalanannya hampir 1.000 kilometer pada hari Minggu (5/10).