SOLO, KOMPAS — Transaksi ekonomi selama program pesta diskon Solo Great Sale atau SGS di Solo, Jawa Tengah, menyentuh Rp 433,5 miliar. Nilai itu telah melampaui target Rp 425 miliar.
”Kami optimistis sampai pada hari penutupan program bulan diskon Solo Great Sale pada 28 Februari, jumlah transaksi akan bisa mencapai Rp 450 miliar lebih,” kata Ketua Umum Panitia SGS 2018 yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri Solo Sri Haryanto di Solo, Senin, (26/2). Program pesta diskon digelar Kadin Solo bersama Pemerintah Kota Solo.
Menurut Haryanto, transaksi perdagangan barang dan jasa senilai Rp 433,5 miliar itu dibukukan oleh 5.629 tempat usaha yang menjadi peserta SGS di berbagai sektor usaha, antara lain otomotif, travel dan transportasi, pasar tradisional, mal, hotel, dan restoran. Jumlah konsumen yang memanfaatkan program ini sebanyak 48.110 orang. Besarnya transaksi yang tercatat menunjukkan program pesta diskon dinilai mampu menggairahkan perekonomian Solo. ”Februari biasanya secara umum lesu. Dengan adanya SGS, jadi lebih bergairah,” katanya.
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Solo Abdullah Soewarno mengatakan, tingkat hunian hotel di Solo selama Februari berkisar 45-47 persen. Tingkat hunian itu naik dibandingkan dengan periode yang sama sebelum diselenggarakan pesta diskon. ”Biasanya pada Februari, sebelum ada Solo Great Sale, tingkat hunian hotel hanya 28-30 persen,” ujarnya.
Menurut Abdullah, sejumlah kegiatan seni budaya tahunan yang digelar pada Februari di Solo juga mendongkrak tingkat hunian hotel. Sejumlah kegiatan itu, antara lain, perayaan Imlek, Grebeg Sudiro, Semarak Jenang Solo 2018, dan rangkaian HUT Ke-273 Kota Solo.
Kepala Dinas Pariwisata Solo Basuki Anggoro Hexa menyebutkan, sejumlah kegiatan budaya itu secara khusus memang dirancang digelar pada Februari sehingga dapat disinergikan dengan program pesta diskon. Ini karena Pemkot Solo dan dunia usaha menyadari bahwa Februari merupakan bulan sepi (low season) sehingga perlu upaya-upaya khusus untuk menarik kunjungan wisatawan dan merangsang kegiatan-kegiatan Mice (meeting, incentive, convention, and exhibition) diadakan Solo. Program diskon kemudian dipromosikan secara gencar ke sejumlah daerah. (RWN)