Trafik Layanan Data Telkomsel Area Jawa Bali Naik 40,5 Persen
Oleh
AGNES SWETTA PANDIA
·4 menit baca
SURABAYA, KOMPAS - Telkomsel Area Jawa Bali mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menembus angka 3,77 Petabyte atau naik 40,5 persen dibandingkan hari normal. Secara nasional, angka tersebut tertinggi dibandingkan dengan area lain.
Secara keseluruhan, Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 lebaran menembus angka 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2017, trafik layanan ini bahkan mengalami kenaikan sekitar 109 persen.
Penggunaan layanan data di momen Lebaran kata Executive Vice President Area Jawa Bali Agus Setia Budi, mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi sebagai titik berkumpulnya pemudik. Salah satunya Pasar Turi Baru Surabaya.
Area lain dengan lonjakan penggunaan layanan data juga terjadi di Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.
Dari sisi layanan, menurut Agus Setia Budi, secara nasional penggunaan media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7 persen, diikuti video streaming 31,3 persen dan layanan pesan instan 14,1 persen.
Beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2persen, diikuti Instagram 19,3 persen dan Facebook 13,3 persen.
Khusus video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya dengan menggunakan aplikasi MAXstream.
Penggunaan layanan ini didominasi oleh pengguna dari Area Jawa Bali yang berkontribusi sebesar 33 persen dari keseluruhan pengguna layanan MAXstream secara nasional.
Layanan suara turun
Agus Setia Budi menambahkan, trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8 persen dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan short message service (SMS) atau pesan pendek pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1 persen ketimbang hari normal.
Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82 persen, 99,83 persen, dan 98,46 persen yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.
Sementara itu, wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lain pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan 3,06 juta pelanggan, Jawa Barat sebanyak 1,72 juta, dan Jawa Timur 1,32 juta pelanggan.
Untuk memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pelanggan, sejak awal Telkomsel Area Jawa Bali telah memastikan seluruh layanan berfungsi secara optimal dan prima. Berbagai persiapan disiapkan untuk mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.
Untuk itu, Telkomsel Area Jawa Bali melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 207 titik strategis. Secara nasional, terdapat 772 titik strategis yang terdiri dari 295 titik jalur mudik dan 477 titik lokasi wisata.
Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel Area Jawa Bali antara lain membangun lebih dari 1.500 BTS 4G serta mengoperasikan 26 mobile BTS. Secara nasional Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, melakukan penambahan kapasitas pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS.
Perusahaan telekomunikasi ini juga menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.
Dari sisi produk dan layanan serta pelayanan pelanggan, Telkomsel Area Jawa Bali berupaya menjaga ketersediaan produk dan layanan sesuai kebutuhan pelanggan, dengan menggelar posko layanan di lebih dari 450 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata.
Selain itu menyiagakan 132 Mobile GraPARI, mengadakan berbagai program spesial bagi pelanggan, termasuk menghadirkan 13 Posko SPBU di sepanjang jalur mudik. Berbagai aktivitas yang dilakukan untuk memanjakan pelanggan selama periode RAFI seluruh kanal pelayanan konvensional dan digital disiagkan.