logo Kompas.id
NusantaraAplikasi eSikla Mudahkan...
Iklan

Aplikasi eSikla Mudahkan Layanan Kesehatan di Lamongan

Oleh
ADI SUCIPTO KISSWARA
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TFe7IcFJamvgDSQ_ulzuvl2f1ak=/1024x770/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2FP80406-133704_1542098013.jpg
KOMPAS/ADI SUCIPTO K

Layanan cuci darah di RSUD Dr Soegiri Lamongan. Lewat aplikasi eSikla diharapkan penanganan pasien lebih tepat karena ada sinergi mengenai data pasien, keluarga, dan riwayat kesehatan.

LAMONGAN, KOMPAS — Saat ini, seluruh Puskesmas di Lamongan, Jawa Timur, sudah terkoneksi dalam satu jaringan Sistem Informasi Kesehatan Lamongan elektronik yang disebut eSikla. Hal itu menjadi bagian upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam memanfaatkan big data untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, terutama di tingkat Puskesmas. Aplikasi itu diuji coba pada Selasa (13/11/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufiq Hidayat menjelaskan, lewat aplikasi eSikla, seluruh data riwayat medis pasien terkoneksi dalam satu jaringan. Pasien kini tidak diharuskan menunggu terlalu lama untuk urusan administrasi. Alur pelayanannya lebih jelas dan beban administrasi petugas juga berkurang.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000