Guna memperluas pelayanan di antara badan usaha milik negara (BUMN), mulai Selasa (21/5/2019) Pegadaian menerima transaksi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di semua outletnya. Peluncuran layanan dilakukan bersama antara Pegadaian dan Garuda Indonesia pada Senin (20/5/2019) di The Gade Coffee and Gold, Kota Denpasar, Bali.
Oleh
AYU SULISTYOWATI
·3 menit baca
DENPASAR, KOMPAS — Guna memperluas pelayanan di antara badan usaha milik negara (BUMN), mulai Selasa (21/5/2019), Pegadaian menerima transaksi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di semua gerainya.
Peluncuran layanan dilakukan bersama antara Pegadaian dan Garuda Indonesia pada Senin (20/5/2019) di The Gade Coffee and Gold, Kota Denpasar, Bali.
Perluasan layanan pembelian tiket ini, menurut Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara, sengaja bertepatan menjelang mudik Lebaran.
”Ya, konsumen agar tidak kesulitan mencari pelayanan pembelian tiket pesawat di mana pun berada. Apalagi, mudik liburan Lebaran akan tiba sebentar lagi. Garuda ingin mempermudah calon konsumen mencari informasi jadwal penerbangan,” kata Askhara.
Menurut dia, kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa Garuda Indonesia dengan adanya sinergi ini bisa diakses melalui The Gade Café Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia juga mengharapkan bahwa sinergi Garuda Indonesia dan Pegadaian dapat memperkuat posisi perusahaan di setiap bidangnya.
Kerja sama sangat penting untuk mengoptimalkan setiap kekuatan yang ada sehingga pada akhirnya tidak hanya dapat mengembangkan bisnis setiap perusahaan.
”Akan tetapi, keduanya bisa memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa kedua perusahaan dan lebih jauh lagi juga dapat memberikan kontribusi positif kepada negara,” kata Askhara.
Seusai peluncuran, petugas jaga di The Gade memperlihatkan cara melayani pembelian tiket Garuda. Pelayanannya tidak berbeda dengan konter Garuda Indonesia karena jaringan terkoneksi.
Ya, konsumen agar tidak kesulitan mencari pelayanan pembelian tiket pesawat di mana pun berada. Apalagi, mudik liburan Lebaran akan tiba sebentar lagi. Garuda ingin mempermudah calon konsumen mencari informasi jadwal penerbangan.
Peluncuran ini merupakan bagian dari sinergi empat BUMN, Garuda Indonesia, Pegadaian, Perkebunan Nusantara, dan Taspen. Para jajaran direktur utama masing-masing melakukan nota kesepahaman.
Dalam penerbangan
Jalinan sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman dalam penerbangan GA-404 Jakarta-Denpasar oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, dan Direktur Utama Perkebunan Nusantara Dolly P Pulungan.
Setelah mendarat, mereka melanjutkan menyaksikan perjanjian kerja sama sebagai tindak lanjut atas nota kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya, yaitu antara Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Pegadaian Damar Latri Setiawan dan Direktur Operasi dan Manajemen Risiko Taspen Ermanza di The Gade Coffee and Gold Denpasar, Senin (20/5/2019) siang.
Sementara dalam siaran persnya, Direktur Utama Pegadaian mengatakan, sebanyak 150.000 karyawan dari Perkebunan Nusantara dan Taspen akan disinergikan dengan produk-produk Pegadaian.
Kuswiyoto menambahkan, ke depannya semua karyawan dari Garuda Indonesia, Perkebunan Nusantara, serta Taspen akan mudah mendapatkan tabungan emas Pegadaian karena produk Pegadaian ini tersedia di kantor tiga BUMN tersebut.
Menguntungkan
Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi semua pihak, khusus untuk Garuda, nanti pihak Pegadaian akan membantu dalam penjualan tiket pesawat Garuda Indonesia. Sementara Garuda akan membantu memasarkan produk-produk Pegadaian kepada konsumennya.
Direktur Pemasaran Perkebunan Nusantara I Kadek K Laksana setelah tanda tangan mengatakan, adanya kerja sama tersebut akan membangun solidaritas antarperusahaan BUMN, terutama dalam pengembangan produk.
Pada kerja sama ini, antara lain, ia akan menggunakan jasa logistik Garuda Indonesia dalam mengembangkan produk.