logo Kompas.id
NusantaraKesiapsiagaan Bencana Penting ...
Iklan

Kesiapsiagaan Bencana Penting di Daerah Wisata

Kesiapsiagaan bencana di daerah pariwisata sangat penting diterapkan demi keselamatan wisatawan dan keberlangsungan pariwisata itu sendiri. Namun, kesadaran pengusaha pariwisata masih rendah.

Oleh
AYU SULISTYOWATI
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/keVr5xVhWe3PYaFFNlynRe3xi_E=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2FIMG_20200117_194417_596_1579261969.jpg
KOMPAS/AYU SULISTYOWATI

Sejumlah wisatawan domestik mengunjungi obyek wisata Museum Perjuangan Rakyat Bali di Kota Denpasar, Bali, awal Januari 2020. Usaha pariwisata Bali diimbau memiliki sertifikasi kesiapsiagaan bencana. Dari 551 hotel berbintang di Bali, baru 64 hotel yang sudah bersertifikat.

DENPASAR, KOMPAS — Kesiapsiagaan bencana di daerah pariwisata sangat penting diterapkan demi keselamatan wisatawan dan keberlangsungan pariwisata itu sendiri. Namun, kesadaran pengusaha pariwisata akan sertifikasi kesiapsiagaan bencana masih rendah.

Selama tahun 2014 hingga 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali mencatat, hanya 64 hotel yang mendaftar dan lolos uji sertifikasi dari 551 hotel berbintang di Bali. Oleh karena itu BPBD Bali melakukan jemput bola agar pengusaha pariwisata di Bali mengurus sertifikasi itu. Sasarannya tidak hanya hotel, tetapi juga segala dunia usaha yang berhubungan dengan pariwisata serta obyek wisata.

Editor:
aufrida wismi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000