logo Kompas.id
NusantaraPenanganan Keluhan Warga via...
Iklan

Penanganan Keluhan Warga via Aplikasi Ponsel di Tomohon

Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, mendorong transformasi menuju kota cerdas dengan membuka saluran pelaporan dalam jaringan bagi keluhan warga. Teknologi ini diharapkan memangkas birokrasi pelayanan publik.

Oleh
KRISTIAN OKA PRASETYADI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/_ipfQRshCGM_KqokMN477MlHChA=/1024x681/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2Ff309ef47-1494-4557-aae8-7ec7b8b1c871_jpg.jpg
KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI

Wisatawan berfoto, Minggu (29/12/2019), di taman bunga Puncak Tetetana Kumelembuay, Tomohon, Sulawesi Utara.

TOMOHON, KOMPAS — Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, mendorong transformasi menuju kota cerdas dengan membuka saluran pelaporan dalam jaringan bagi keluhan warga. Teknologi berbasis ponsel pintar diharapkan dapat memangkas birokrasi untuk menyampaikan permasalahan kota, seperti sampah, banjir, dan kebakaran.

Langkah ini diwujudkan Pemkot Tomohon dengan menggandeng Qlue, perusahaan penyedia perangkat lunak dan keras penopang layanan kota cerdas. Pemkot menggelontorkan dana sekitar Rp 500 juta untuk memanfaatkan perangkat lunak dasbor Qlue selama tiga tahun sejak Selasa (20/2/2020).

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000