JAKARTA, KOMPAS — Pecatur belia Master FIDE (FM) Yoseph Theolifus Taher (17) meraih norma Master Internasional (IM) ketiga dalam Festival Catur Internasional JAPFA 2017 di Jakarta, Kamis (18/5). Yoseph yang memegang buah hitam tampil impresif untuk menahan remis pecatur Filipina, IM Haridas Pascua, pada langkah ke-38.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengatakan, meski telah tiga kali meraih norma IM, Yoseph tidak otomatis bergelar IM. Mengingat, elo rating Yoseph baru 2369, sementara syarat rating minimal IM 2400.

Dari perhitungan Kristianus hingga babak kesembilan, rating Yoseph dalam turnamen kategori 5 FIDE itu sebanyak 22. “Yoseph butuh tambahan sembilan poin agar elo rating-nya 2400. Kalau dia menang dua partai sisa, mungkin bisa,” ujar Kristianus.

Sayangnya, penampilan Yoseph tidak diikuti pecatur Indonesia lain yang juga calon peraih gelar IM, yakni Grand Master Putri (WGM) Medina Warda Aulia. Medina yang hanya membutuhkan remis justru mengalami kekalahan dari pecatur Vietnam, IM Thanh Ninh Vo, pada langkah ke-48.

Medina mengaku emosi saat tawaran remisnya pada langkah ke-30 ditolak lawannya. Thanh Ninh meminta pertandingan dilanjutkan, mengabaikan beberapa kali ucapan Medina, I offer you draw. “Saat itu masih imbang. Dari sini saya emosi untuk mengalahkan dia,” katanya.

Kristianus juga menilai faktor mental yang labil memengaruhi permainan Medina. Semestinya Medina harus lebih sabar. Kekalahan itu membuat Medina harus berjuang keras lagi meraih 1,5 poin menggenapkan nilai kemenangan menjadi 7 victory point (VP) untuk 11 babak. “Padahal, dengan nilai 6 VP pada babak sembilan dia sudah berhak meraih norma IM ketiga,” tutur Kristianus.

Beruntung pada pertandingan berikutnya, yakni babak ke-10, Kamis malam, Medina kembali bangkit memenangi partai melawan WGM Deysi T Cori (Peru). Kemenangan juga diukir FM Novendra Priasmoro atas IM Sagar Shah asal India.

Novendra yang mengumpulkan 6,5 poin kini menempel ketat Haridas Pascua sebagai pemimpin klasemen turnamen JAPFA tahun ini. Posisi Pascua belum tergoyahkan di pemuncak klasemen setelah menang atas Surya Wahyudi dan bermain remis melawan Yoseph Taher.

Sementara FM Azarya Jodi Setyaki dua kali menang, Kamis kemarin. Dia mengalahkan Alina Lámi (Romania) dan Mitra Hejazipour (Iran). (zal/dna)