JAKARTA, KOMPAS – Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) memastikan target dukungan sponsor sebesar Rp 1,1 triliun sudah tercapai. Inasgoc masih membuka kesempatan dukungan berupa perlengkapan olahraga dan fasilitas pendukung, seperti pesawat dan asuransi.
Wakil Direktur Departemen Penghasilan Deputi II Inasgoc Cahyadi Wanda mengatakan, secara keseluruhan ada 37 perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara yang telah mendukung Asian Games 2018. “Apa yang ditargetkan Ketua Inasgoc untuk mendapatkan dukungan sponsor sebesar Rp 1,1 triliun sudah terpenuhi,” ujar Cahyadi dalam konfrensi pers tentang dukungan Indofood terhadap Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis (26/4/2018).
Menurut Cahyadi, Inasgoc terpaksa menutup pintu dukungan sponsor untuk kategori "Prestise" dan "Partner" karena keterbatasan ruang untuk memasang iklan. Pemasangan iklan pada empat puluh e-board di lapangan sepak bola, misalnya, sudah penuh terisi. Nilai dukungan untuk kategori Prestise dan Partner sebesar 10-15 juta dollar AS atau sekitar Rp 138,8 miliar-Rp 208,3 miliar per perusahan, dengan kontra prestasi yang berbeda-beda.
Adapun dukungan sponsor yang masih terbuka adalah untuk kategori "Supplier". Kategori Supplier merupakan kerja sama dalam bentuk fasilitas dukungan barang, seperti perlengkapan olahraga dan fasilitas pendukung lainnya. “Kami tidak menutup dukungan sponsor untuk kategori Supplier karena tidak ada hal-hal terkait pemasangan iklan yang harus diproduksi,” kata dia.
Fasilitas pendukung yang paling dibutuhkan adalah asuransi dan pesawat terbang untuk mengangkut delegasi teknis Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan anggota Komite Olimpiade Nasional (NOC) negara-negara peserta, serta perjalanan Inasgoc dari Jakarta ke Palembang. Diharapkan kepastian dukungan perlengkapan olahraga dan fasilitas sudah ada pada Mei.
Dengan banyaknya perusahaan yang mendukung Asian Games, Cahyadi berharap, agar euforia pesta olahraga antar negara se-Asia tersebut dapat menyebar hingga ke pelosok-pelosok daerah. “Saya senang karena perusahaan-perusahaan swasta merancang beragam kegiatan di daerah-daerah, seperti memberi edukasi kepada pelajar, untuk menggaungkan semangat Asian Games. Semoga saja dalam tiga bulan persiapan yang tersisa, demam Asian Games sampai ke masyarakat,” kata dia.
Sponsor Indofood
Kemarin, secara resmi PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) menyatakan dukungannya sebagai ofisial partner Asian Games 2018. Beragam kegiatan Indofood telah disiapkan untuk menyemarakkan Asian Games, antara lain apresiasi terhadap para atlet legendaris Indonesia, mendukung kegiatan perarakan obor Asian Games, dan kegiatan lari bersama pada Car Free Day.
Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Axton Salim mengatakan, pihaknya merasa senang dan bangga dapat berpartisipasi pada ajang olahraga multicabang Asian Games 2018. “Olahraga memberikan dampak positif dan memiliki nilai-nilai dasar yang penting untuk ditumbuhkan dari generasi ke generasi sebagai penerus bangsa, seperti sporifitas, keberanian, dan kegigihan, serta dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia,” kata dia.
Indofood menginisiasi gerakan “Satukan Tekad dan Semangat Indonesia” dengan mengajak masyarakat menyatukan tekad dan semangat mendukung atlet nasional yang tampil dalam Asian Games 2018. Gerakan itu diwujudkan salah satunya dengan membuat iklan televisi yang menggambarkan perjuangan atlet angkat besi Eko Yuli Irawan, pebulu tangkis Liliyana Natsir, pesepak bola Evan Dimas, dan atlet pencak silat Rony Syaifullah.
Indofood juga melakukan terobosan marketing dengan meluncurkan kemasan spesial Asian Games pada dua produk mi instan dan minuman susu Indomilk. “Produk Indomilk sebagai minuman susu bergizi mempunyai persamaan personality dengan Asian Games 2018. Kami ingin memberikan semangat dan energi untuk tim nasional saat tampil membela Indonesia. Kami harapkan melalui langkah ini generasi muda dapat terkenang dengan semangat Asian Games,” kata Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur TbK, Taufik Wiraatmadja. (DNA)