Sayap Aerodinamis Yamaha dan Ducati Lolos Aturan MotoGP
Oleh
Rakaryan Sukarjaputra
·3 menit baca
KUALA LUMPUR, RABU - Prototipe fairing (penutup kepala dan badan motor) yang digunakan motor tim Monster Yamaha dan Ducati pada tes pramusim MotoGP 2019 di sirkuit Sepang, Malaysia, dinyatakan Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge telah memenuhi syarat sehingga bisa digunakan pada balapan nanti. Meski demikian tergantung pada masing-masing tim apakah akan menggunakan fairing itu di balapan atau tidak.
"Fairing-fairing baru Ducati dan Yamaha yang anda lihat di Sepang, telah mendapatkan persetujuan dari saya berdasarkan desain sebenarnya yang mereka sampaikan," ungkap Danny Aldridge kepada Crash.net yang dipublikasikan Rabu (13/2/2019).
Direktur Teknik MotoGP itu menguraikan, untuk musim 2019 pihaknya juga sudah membuat "cetakan" untuk mengukur apakah fairing yang dibuat tim-tim MotoGP itu memenuhi syarat atau tidak. "Fairing Yamaha juga sudah di cek di cetakan itu untuk melihat ukurannya. Adapun untuk fairing Ducati, mereka meminjam cetakannya, tetapi saya tidak tahu apakah fairing itu masuk di cetakan itu atau tidak," jelas Aldridge.
Meski telah digunakan pada tes pramusim di Sepang, fairing yang digunakan tim-tim MotoGP itu belum tentu digunakan pada balapan. Tim seringkali mencoba fairing baru untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap aerodinamika motor, sehingga jika hasilnya kurang baik tentu tidak akan digunakan.
Meski secara desain, fairing Ducati telah dinyatakan memenuhi aturan, fairing tersebut masih harus diuji dengan dimasukkan ke dalam cetakan. Jika tidak bisa masuk, artinya fairing itu terlalu besar sehingga Ducati harus memperbaiki ukurannya agar dapat digunakan pada balapan perdana MotoGP di Qatar.
Cetakan untuk mengukur fairing itu diperkenalkan untuk membantu tim pabrikan memahami dimensi fairing yang diijinkan. "(Cetakan) Itu berfungsi dengan bagus, bukan hanya untuk saya tetapi juga untuk para pabrikan agar mereka memahami apa yang mereka boleh lakukan. Bahkan, keenam pabrikan sudah menggunakan cetakan itu di Sepang," tambah Aldridge.
Selain Ducati dan Yamaha yang menunjukkan fairing baru untuk motor mereka di Sepang, motor-motor Suzuki dan KTM pun telah mencoba fairing baru di Malaysia, tetapi bentuknya mirip dengan apa yang sudah digunakan oleh tim-tim lain. Sedangkan enam saya kecil baru di motor Ducati dan model sayap terpisah di Yamaha, merupakan model pengembangan baru.
Peluncuran Motor KTM 2019
KTM menjadi tim pabrikan MotoGP terakhir yang meluncurkan motor mereka untuk musim MotoGP 2019, bersama dengan tim satelit barunya, Tech 3, Selasa (12/2) petang di markas KTM, di Mattighofen, Austria.
Dari peluncuran motor 2019 itu terlihat corak di motor pabrikan KTM tidak berubah atau masih sama dengan tahun sebelumnya, sedangkan perubahan besar terlihat di motor Tech3 yang pada musim sebelumnya menggunakan dominasi warna hitam. Setelah bergabung dengan KTM dan mendapatkan Red Bull sebagai sponsor mereka juga, warna motor Tech 3 berubah menjadi gabungan antara warna biru dan oranye.
KTM akan memulai tahun ketiganya di MotoGP pada balapan pembuka di Qatar. Tim ini telah mengontrak Johann Zarco untuk menggantikan Bradley Smith, dan bermitra dengan pebalap mereka di musim sebelumnya, Pol Espargaro. Adapun tim Tech 3 diperkuat Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira.