logo Kompas.id
OpiniASEAN untuk Siapa
Iklan

ASEAN untuk Siapa

Oleh
DIAN WIRENGJURIT
· 5 menit baca

Dalam usia 50 tahun, selain capaiannya, keberadaan ASEAN masih menyisakan berbagai pertanyaan yang mendasar yang belum atau mungkin tidak akan pernah terjawab. Pertanyaan itu di antaranya seperti judul tulisan ini: ASEAN untuk siapa?

Dengan sekitar 1.000 sidang per tahun, ASEAN—yang dibentuk melalui Deklarasi Bangkok— merupakan salah satu organisasi internasional yang paling sibuk. Sebagai organisasi regional yang memiliki multitujuan (poleksosbudkam) memang wajar kalau semua anggotanya—bahkan negara besar dan organisasi internasional lain—berharap banyak dari asosiasi ini. Apalagi dengan Visi 2020-nya: One Vision, One Identity, One Community.

ASEAN memang berhasil menjungkirbalikkan konotasi zone of conflict menjadi zona stabilitas meskipun belum mencapai zona damai seperti dicanangkan dalam Deklarasi Kuala Lumpur 1971. ASEAN juga makin matang dengan kemampuannya menyelesaikan berbagai konflik utama secara damai, seperti kasus Kuil Preah Vihear, Pulau Sipadan-Ligitan, dan Pulau Pedra Branca, melalui mekanisme bilateral, regional, hingga internasional. Kerja sama antar-berbagai kelompok profesi pun sudah terbentuk.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000