logo Kompas.id
OpiniAnomali Data Makro dan Mikro
Iklan

Anomali Data Makro dan Mikro

Oleh
ARI KUNCORO
· 9 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Vlrg2xdFaI4Z8hQ0he8XpI_a5uk=/1024x576/http%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F20170808H6_ENGLIS-TAJUK-1_A_web.jpg
Kompas/Totok Wijayanto

Konsumen berbelanja di pusat perbelanjaan retail di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, 27 Juli 2017. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, pertumbuhan belanja retail pada Juni 2017 ialah 5-6 persen, hanya separuh dari pertumbuhan di periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 11,75 persen.

Beberapa minggu terakhir ini media massa, media sosial, dan kelompok Whatsapp diramaikan oleh perdebatan terjadinya perbedaan (discrepancy) antara data makroekonomi Indonesia, yaitu pertumbuhan produk domestik bruto, dan data/survei mikro di pasar retail.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000