logo Kompas.id
OpiniMelampaui Kubangan Imagologi
Iklan

Melampaui Kubangan Imagologi

Oleh
Budiarto Danujaya
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3qh0wKg_NCJU6F2qpbZKexGJjxY=/1024x614/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2F71310304_1539274848.jpg

Kancah politik dewasa ini ditandai oleh ”para calon tanpa gagasan yang mempekerjakan para konsultan tanpa pendirian untuk menggelar kampanye tanpa isian”. Kegundahan seperti ini juga pernah diutarakan mantan Presiden Amerika Serikat Gerald Ford sehubung  menjadi-jadinya ”demokrasi-penonton”, yakni ketika politik seolah bertransformasi menjadi sekadar tontonan yang dikendalikan para profesional pemasaran dan media.

Inilah latar keriuhan skandal-skandal pembajakan big data beberapa tahun belakangan. Laiknya pemasaran barang, pengumpulan dan pemanfaatan data—tentu termasuk manipulasi data— sangatlah penting dalam kecenderungan baru politik ini. Para penggiat politik bukan lagi sibuk melakukan ”agitprop” (agitasi dan propaganda) laiknya era politik emansipatoris yang sadar ideologis. Gejala ini membuat Benjamin Arditi (2007)  menyebut mereka sebagai ”haktivis” (hacktivist), bukan lagi aktivis.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000