logo Kompas.id
Opini”Leisure Economy” sebagai...
Iklan

”Leisure Economy” sebagai Penggerak Roda Ekonomi

Oleh
Debby Anggraeni
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/NTINj3NYn8a0Njkb02YnqUwc3-M=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2F20181005_GARUDA-TRAVEL-FAIR_E_web_1538724901-2.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pengunjung mencari tiket perjalanan dalam Garuda Travel Fair 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (5/10/2018). Pameran perjalanan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menargetkan total transaksi sebesar Rp 218 miliar.

Isu menurunnya daya beli masyarakat Indonesia masih jadi kabar yang terus diperbincangkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, daya beli merupakan kemampuan membayar untuk memperoleh barang/jasa yang dikehendaki atau diperlukan. Maka, ketika daya beli menurun, artinya kemampuan masyarakat untuk memperoleh barang/jasa juga menurun.

Hal ini tentu saja mengerikan, bukan hanya bagi para produsen barang/jasa, melainkan juga bagi pemerintah. Sebab, kontribusi pengeluaran konsumsi rumah tangga sampai saat ini masih memberikan sumbangsih terbesar bagi pendapatan negara, yaitu lebih dari 50 persen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000