logo Kompas.id
OpiniTren Superaplikasi, Aplikasi...
Iklan

Tren Superaplikasi, Aplikasi untuk Semua Kebutuhan

Oleh
Andreas Maryoto
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/C9_nnP23Vzl2qhH3VMLgxVX71GE=/1024x1447/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F08%2FMAR-sketsa.jpg
DIDIE SW

Andreas Maryoto, Wartawan Senior Kompas

Di antara perusahaan teknologi digital, kini ada dua jenis mazhab layanan yang sedang bertarung. Perusahaan dengan layanan tunggal atau dengan sedikit tambahan fitur, sedangkan yang satunya adalah perusahaan dengan berbagai layanan. Ibarat kata, semua layanan ada di dalam satu aplikasi. Superaplikasi sepertinya bakal menjadi tren meski beberapa kalangan mulai mempertanyakan pengumpulan banyak data personal di satu perusahaan teknologi.

Di Amerika Serikat sebagian besar pengguna lebih memilih layanan tunggal seperti Uber untuk transportasi, Amazon untuk berbelanja, dan layanan pesan berfokus di layanan ini saja. Keadaan ini berbeda dengan Asia yang sebagian besar perusahaan teknologi memilih superaplikasi, satu aplikasi untuk berbagai jenis layanan karena konsumen bisa menerima layanan tersebut. WeChat adalah superaplikasi pertama di dunia. Di dalam WeChat terdapat berbagai layanan kebutuhan pribadi.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000